https://bontang.times.co.id/
News Commerce

8 Zat Aktif yang Berkhasiat untuk Kecantikan Kulit

Kamis, 06 Oktober 2022 - 16:44
8 Zat Aktif yang Berkhasiat untuk Kecantikan Kulit Ilustrasi menjaga kecantikan kulit. (FOTO: iStockphoto/ake1150sb)

TIMES BONTANG, JAKARTA – Anda yang mengikuti dunia per-skincare-an pasti tahu, sekarang ini sedang booming produk skincare asal Kanada, namanya Skintific. Penyebabnya jelas, para beauty enthusiast di berbagai platform media sosial ramai-ramai mereviewnya. Termasuk juga produk moisturizer-nya. Di banyak Review Skintific Moisturizer disebutkan bahwa produk tersebut memang bagus. Manfaat yang dirasakan penggunanya sesuai dengan apa yang diklaim produk tersebut.

Zat Aktif Ceramide

Apa yang membuat produk tersebut bagus tentu tak lepas dari kandungan zat aktif yang ada di dalamnya. Skintific Moisturizer mengandung zat aktif berupa Ceramide. Yakni suatu jenis asam lemak alami yang umum disebut sebagai lipid. Pada manusia, ceramide ini letaknya ada di sel-sel kulit. Tepatnya di lapisan kulit terluar, yang disebut sebagai epidermis. Jumlahnya hampir 50%.

Ceramide bagi kulit bertindak sebagai pelindung. Jadinya dia akan menghalangi kulit dari apa pun yang bisa merusak lapisan kulit. Di samping itu, ceramide juga bisa mencegah dehidrasi kulit yang berlebihan, sehingga kulit terjaga kelembapannya.

Manfaat-manfaat ceramide selain yang sudah disebutkan tadi di antaranya juga bisa mencegah timbulnya jerawat, membantu mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan, membantu mengatasi masalah eksim, dan lain sebagainya.

Zat Aktif Selain Ceramide

Selain ceramide, ada banyak sebenarnya zat-zat aktif yang berkhasiat untuk kulit. Berikut ini beberapa zat aktif tersebut yang bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kecantikan kulit.

1. AHA

AHA atau Alpha Hydroxy Acids adalah salah satu zat aktif yang berperan besar di dalam menjaga kulit. Di berbagai jenis skincare, pada umumnya mengandung zat ini. Molekul kecil yang mudah meresap ini berfungsi sebagai eksfoliator yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati; zat yang mampu mengurangi timbulnya tanda-tanda penuaan seperti kerutan halus; mampu mengencangkan kulit yang mulai agak kendor; mampu mengatasi keluhan bekas jerawat; mampu mengecilkan pori-pori; dan juga mampu menghaluskan tekstur kulit yang kasar dan kusam. Zat aktif AHA ini biasanya ada pada facial wash, moisturizer, toner, dan juga peeling.

2. BHA

BHA atau Beta Hydroxy Acid (BHA)  juga merupakan zat aktif yang banyak ditambahkan pada berbagai jenis skincare. Senyawa kimia yang satu ini juga mampu bertindak sebagai eksfoliator. Bedanya dari AHA adalah kemampuannya melarut di dalam air. AHA larut dengan mudah di air, sementara BHA larut dengan mudah di dalam minyak. Itu sebabnya BHA biasanya ada dalam produk skincare yang khusus untuk kulit berminyak. Fungsinya bisa sebagai antiradang dan juga antibakteri.

3. Hyaluronic Acid

Zat aktif yang satu ini memiliki peran di dalam menahan air pada kulit. Jadinya kulit tidak mudah dehidrasi secara berlebihan. Dengan begitu, kulit terjaga kelembapannya. 

4. Niacinamide

Zat yang satu ini juga banyak ditambahkan pada berbagai jenis produk kecantikan. Niacinamide yang juga disebut sebagai vitamin B3. Zat yang satu ini punya manfaat besar bagi kulit. Misalnya saja adalah punya kemampuan mencerahkan kulit; mampu melembapkan kulit; mampu menyamarkan flek-flek hitam, keriput, serta noda bekas jerawat; menjadi pelindung kulit dari paparan sinar matahari; serta mengatasi berbagai macam masalah yang diakibatkan oleh jerawat.

5. Retinol

Zat aktif yang satu ini juga sedang naik daun. Khasiatnya yang sama dengan vitamin A sangatlah hebat untuk kulit. Banyak kalangan yang menyebutkan jika zat ini merupakan hero ingredient. Dia mampu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dan juga mengatasi berbagai keluhan akibat jerawat. Penggunaan skincare yang di dalamnya ditambahkan retinol akan membuat kulit wajah menjadi lebih cerah, lebih halus, dan juga lebih kencang.

6. Coenzyme Q10 Atau COQ10

Zat aktif COQ10 mungkin belum banyak yang mengetahuinya. Tapi percayalah, zat ini bisa disebut sebagai suplemen yang baik untuk kulit. Kenapa demikian, sebab senyawa ini memiliki kemampuan di dalam menetralisasi radikal bebas. Baik yang baru hinggap di kulit atau pun yang sudah masuk ke dalamnya.

Untuk efek terbaik, gunakan produk yang ditambahkan COQ10 ke dalamnya selama beberapa minggu. Kerutan di wajah, termasuk kerutan membandel di sekitar mata, bisa menghalus dan tidak terlihat.

Produk-produk yang biasanya ditambahkan COQ10 ke dalamnya, di antaranya saja skin toner dan juga daily moisturizer.

7. Alpha-Lipoic Acid (ALA)

Zat yang satu ini juga punya khasiat di dalam memelihara kecantikan kulit. Zat ini biasanya ditambahkan pada krim perawatan wajah. Jumlahnya tidak perlu banyak. Sekitar 5% saja, zat ini cukup efektif di dalam menyamarkan noda-noda hitam di wajah serta bekas luka.
ALA ini juga masuk ke dalam golongan antioksidan. Bahkan menurut penelitian, khasiatnya sebagai antioksidan lebih baik daripada vitamin C dan vitamin E.

ALA memiliki sifat yang mudah larut. Jadinya dia bisa memberi khasiat yang optimal, baik di dalam tubuh kita atau pun di luar tubuh kita.
Waspadai jika Anda memiliki kulit sensitif. Ada kalanya ALA ini memberi efek samping. Misalnya saja seperti memberi ciri-ciri alergi kulit dan juga kulit yang memerah. Menghentikan pemakaian serta konsultasi langsung kepada ahli kulit tentu menjadi cara paling tepat saat muncul efek samping ini.

8. Asam Salisilat

Asam salisilat juga memiliki manfaat bagi kulit. Dia mampu menyembuhkan luka dan juga membersihkan jerawat. Karena hal tersebut, asam salisilat biasanya dijumpai pada produk-produk skincare yang khusus untuk kulit berjerawat.

Itu dia 8 zat aktif yang memiliki khasiat untuk kecantikan kulit. Bagaimana, Anda lebih cocok menggunakan yang mana? Apa pun itu, pilih yang paling tepat dan yang paling dibutuhkan kulit wajah Anda. Untuk membeli produknya, Anda bisa langsung ke Blibli. Berbagai produk skincare dengan zat aktif yang disebutkan di atas ada di Blibli. Selamat berbelanja! (*)

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.