Wisata

Trevi Fountain, Air Mancur Paling Tersohor dari Roma Italia

Jumat, 02 September 2022 - 03:00
Trevi Fountain, Air Mancur Paling Tersohor dari Roma Italia Air Terjun Trevi yang berada di pusat kota Roma, Italia. (Foto: picsbyjameslee /pixabay)

TIMES BONTANG, JAKARTA – Pernah mendengar nama Trevi Fountain? Air mancur paling ikonik yang berada di Roma, Italia. Trevi menjadi destinasi wajib bagi para turis baik mancanegara maupun lokal. Nyaris setiap wisatawan yang berkunjung ke Roma pasti bakal menyinggahi air terjun ini.

Ditambah keindahan arsitekturnya dan tempatnya yang strategis berada di tengah kota. Keindahan air mancur ini pun membawanya ke puncak ketenaran sebagai salah satu dari “Rome’s Top 10 Tourist Attractions” . Tempat ini pernah dijadikan tempat syuting film Hollywood yang berjudul When In Rome, di mana tokoh utama dalam film ini melempar koin di ke dalam air mancur. Ternyata scene tersebut terinspirasi dari mitos terkenal tentang air mancur Trevi Fountain loh!

Air Mancur Trevi dibangun pada tahun 1732 oleh Nicola Salvi, arsitek ternama asal Italia. Namun, Salvi meninggal sebelum menyelesaikan projek ini, sehingga kemudian diambil alih oleh Giuseppe Pannini pada tahun 1762. Air mancur ini berdiri setinggi 26,3 m dengan lebar 49,15 m, dan menjadi air mancur bergaya Barok terbesar di Roma. Serta menjadi air mancur paling terkenal di dunia.

Trevi-Fountain.jpgAir terjun Trevi yang dipenuhi wisatawan mancanegara maupun lokal. (Foto: weareaway/Pixabay)

Dikutip dari Why Go Italia, kolam air mancur ini sudah ada sejak abad ke-19 SM. Konon saat itu tentara Romawi yang sedang kehausan diantarkan oleh seorang wanita muda untuk mendapatkan air di sumber air murni yang terletak 13 km jauhnya dari pusat kota Roma. Kolam tersebut dinamai “Aqua Virgo” atau “Air Perawan” untuk menghormati jasa gadis muda tersebut. Sumber air ini pun menopang kehidupan warga kota Romawi kuno sampai lebih dari empat ratus tahun.

Kolam ini terkenal dengan mitos lempar koinnya. Konon jika kita melempar koin di Trevi dengan tangan kanan melewati bahu kiri, impian kita akan segera terkabul. Selain itu, jika melempar dua koin maka akan segera menemukan jodoh dan jika melempar sebanyak tiga koin berarti akan segera melangkah ke pelaminan. Alasan inilah yang mendasari para wisatawan berbondong bondong untuk mengunjungi Trevi. Tidak tanggung-tanggung saking banyaknya orang yang melemparkan koin dan membuat permohonan di kolam Trevi, koin yang di dapat dapat memperoleh sekitar 15 ribu dolar per minggu atau setara dengan Rp200 Juta.

Akan dikemanakan koin koin tersebut? Ternyata setiap harinya lembaga amal Roman Catholic Charity akan menyapu koin-koin tersebut yang mengendap di dasar kolam. Dibutuhkan waktu selama satu jam untuk mengumpulkannya. Setelah dikumpulkan, koin-koin tersebut nantinya akan disumbangkan ke orang-orang miskin yang membutuhkan. Lembaga alam tersebut pun juga pernah membuka pasar murah pada tahun 2008 dengan dana hasil pengumpulan koin dari Trevi Fountain. (*)

Pewarta : Fadia Nanda Rahmaputri (MG-427)
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.