Pendidikan

18.289 Peserta UTBK SBMPTN UM Tersebar di 4 Titik Pelaksanaan

Selasa, 13 April 2021 - 19:24
18.289 Peserta UTBK SBMPTN UM Tersebar di 4 Titik Pelaksanaan Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021 di UM. (Foto: Humas UM for TIMES Indonesia)

TIMES BONTANG, MALANG – Peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2021 di Universitas Negeri Malang (UM) terdata sebanyak 18.289 orang.

Rinciannya, 7.290 peserta saintek, 10.096 peserta Soshum, dan 903 peserta campuran. Mereka melaksanakan tes di empat tempat yakni UM, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Islam Malang, dan Universitas Merdeka.

UTBK SBMPTN 2

Universitas Negeri Malang (UM) menjadi salah satu perguruan tinggi negeri yang diberi amanat oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk melaksanakan UTBK SBMPTN 2021.

Pelaksanaan UTBK tahun ini dibagi menjadi dua gelombang, yakni gelombang pertama tanggal 12-18 April 2021 dan gelombang kedua pada tanggal 26 April-02 Mei 2021.

Hal ini untuk meminimalisir kerumunan dan keramaian, mengingat pelaksanaan ujian ini masih berada di masa pandemi. Menghadapi hal tersebut UM dan Universitas mitra (UNISMA, UMM, UNMER) telah melakukan persiapan dengan matang, yakni dengan memberikan informasi yang lengkap kepada para peserta dan panitia, menyiapkan lokasi ujian yang sesuai dengan standar protokol kesehatan covid-19, serta menyiapkan alat-alat dan bahan yang dibutuhkan selama pelaksanaan ujian.

UTBK SBMPTN 3

Selain itu, pihak UM juga melaksanakan protokol kesehatan bagi setiap peserta yang melaksanakan UTBK SBMPTN, yakni dengan meminta membawa hand sanitizer, masker, face shield, sarung tangan dan di cek suhu setiap akan masuk ruangan.

Menurut pantauan Prof. Dr. Suyono, M.Pd. selaku Staf Ahli Wakil Rektor I UM, pelaksanaan UTBK SBMPTN di UM dan di Universitas mitra (UNISMA, UMM, UNMER) berjalan dengan lancar.

“Secara umum UTBK terlaksana dengan lancar, ya ada keterlambatan kedatangan peserta tapi masih bisa ditolelir. Karena di hari pertama memang wajar teman-teman belum bisa datang tepat waktu semua. Insyaallah besok sudah bisa kondusif tanpa ada catatan keterlambatan,” ucapnya.

Mengatasi hal tersebut, secara tanggap pihak UM selepas pelaksanaan UTBK SBMPTN langsung mengadakan evaluasi dengan harapan pelaksanaan ujian hari kedua lebih kondusif, baik panitia maupun peserta bisa datang lebih awal sesuai dengan kebutuhan di lapangan dan tidak terjadi keterlambatan lagi.

Prof. Suyono menyampaikan harapannya agar pelaksanaan UTBK SBMPTN hingga akhir tetap berjalan dengan lancar dan kondusif, serta menghimbau untuk semuanya agar mematuhi protokol kesehatan.

“Saya berharap pelaksanaan UTBK selama satu minggu kedepan berjalan lancar, tetap patuh terhadap protokol kesehatan dan semoga tidak ada kasus yang muncul akibat pelaksanaan UTBK ini dan semoga semua pihak terus meningkatkan kinerjanya agar pelaksanaan UTBK tepat waktu,” pungkasnya tentang UTBK SBMPTN di UM. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.