Pendidikan

Nadiem Makarim Resmi Hapus Tes Mata Pelajaran di SBMPTN

Kamis, 08 September 2022 - 14:42
Nadiem Makarim Resmi Hapus Tes Mata Pelajaran di SBMPTN Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim. (Foto: Sekretariat Kabinet)

TIMES BONTANG, SURABAYAMendikbudristek Nadiem Makarim mengubah pola seleksi mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN). Kini ada tiga jalur tanpa tes mata pelajaran seperti sebelumnya. 

Tidak ada pula pembedaan jurusan IPA dan IPS dalam seleksi masuk perguruan tinggi negeri. 

"Kali ini berbeda. Dalam seleksi ini, tidak ada lagi tes mata pelajaran," kata Nadiem lewat siaran pers, Rabu (7/9/2022). 

Seleksi masuk perguruan tinggi negara terdiri dari jalur prestasi, tes skolastik dan seleksi mandiri oleh kampus masing-masing. Masing-masing jalur memiliki perbedaan. 

Nadiem berharap, informasi ini bisa menjadi kabar gembira bagi calon mahasiswa yang ingin mengambil seleksi jalur tes SBMPTN di tahun mendatang. Saat ikut jalur SBMPTN, hanya ada tes skolastik yang mengukur pada 4 hal. 

Yakni, kemampuan bernalar peserta, kemampuan potensi kognitif atau logika, penalaran Matematika, literasi dalam Bahasa Indonesia, dan literasi dalam Bahasa Inggris. 

Tes skolastik tersebut tidak berhubungan dengan penghafalan materi. Namun, hanya berhubungan dengan kemampuan penalaran dan problem solving. 

Terkait tes literasi, sebut dia, dilakukan tidak hanya berfokus pada kemampuan gramatika, tetapi literasi secara mendalam. 

Selain itu, dapat menganalisa terkait apa yang dimaksud di dalam bacaan tersebut. 

“Benar-benar literasi mendalam, bukan yang mengetes bahasa secara cetek. Tetapi logika dan pengertian seluruh bacaan,” ungkap Nadiem. 

Nadiem menilai hal ini membuat skema seleksi jadi lebih adil dan setiap peserta didik memiliki kesempatan untuk sukses pada jalur seleksi nasional berdasar tes. 

Mekanisme ketiga, seleksi masuk PTN melalui seleksi secara mandiri oleh PTN. Pada jalur ini, pemerintah mengatur agar seleksi diselenggarakan secara lebih transparan dengan mewajibkan PTN untuk melakukan beberapa hal sebelum dan setelah pelaksanaan seleksi secara mandiri. 

Nadiem Makarim mengajak masyarakat untuk ikut terlibat dalam pengawasan, sehingga seleksi secara mandiri dapat terlaksana secara transparan dan akuntabel. Seleksi mandiri oleh PTN harus berdasarkan seleksi akademis dan dilarang dikaitkan dengan tujuan komersial. (*)

Pewarta : Shinta Miranda Sari (MG-242)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.