Pendidikan

Wamenaker RI Minta Polinema Aktif Ciptakan Tenaga Vokasi Handal

Rabu, 03 Agustus 2022 - 14:01
Wamenaker RI Minta Polinema Aktif Ciptakan Tenaga Vokasi Handal Wamenaker RI Ir Afriansyah Noor, M.Si bersama Direktur POLINEMA Supriatna Adhisuwignjo, ST., MT di acara Seminar Kerja Nasional. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMES BONTANG, MALANG – Wakil Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Wamenaker RI) Ir. Afriansyah Noor, M.Si meminta Politeknik Negeri Malang (POLINEMA) untuk menciptakan tenaga vokasi handal.

"Kami di Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia memberi support ke Polinema untuk berperan aktif meningkatkan tenaga vokasi yang handal," katanya di acara Seminar Nasional yang digelar BEM Polinema, Rabu (3/8/2022).

Adanya pandemi Covid-19 membuat dunia pendidikan untuk lebih jeli menata dan melihat perkembangan arus teknologi. Menurut Afriansyah, pendidikan vokasi harus mengikuti perkembangan dunia digital.

Polinema-2.jpg

"Saya pikir pemerintah concern terhadap perkembangan tersebut. Saya yakin anak-anak didik yang lahir di Polinema bisa bersaing di luar," ungkapnya.

Ia meminta mahasiswa tidak hanya belajar dan menekuni dunia akademik saja. Tapi juga dituntut untuk aktif berinteraksi dengan masyarakat.

"Buatkan program yang dapat membantu peningkatan kualitas SDM. Selanjutnya, selesaikan segera studi anda. Untuk sukses tidak bisa santai-santai," tegasnya.

Tantangan ke depan semakin kompleks. Sebab itu, ia mendorong mahasiswa mempunyai keterampilan (skill) yang pas sesuai perkembangan zaman.

Ia mengapresiasi Polinema yang menerapkan jam belajar dengan pembagian 55 persen praktek, dan 45 persen teori plus praktek.

Sementara itu, Direktur Polinema Supriatna Adhisuwignjo, ST., MT menjelaskan bahwa Polinema merupakan salah satu perguruan tinggi vokasi yang memiliki komitmen untuk membentuk mahasiswa menjadi pribadi yang memiliki keunggulan kompetitif.

"Kami memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas melalui program pendidikan dan proses pembelajaran yang tidak saja bersifat konseptual teoritis, namun juga secara praktik atau terapan," bebernya.

Polinema menyadari bahwa untuk membentuk lulusan yang siap kerja dan memiliki skill, knowledge, dan attitude atau yang memiliki hardskill dan softskill seperti yang dibutuhkan oleh dunia kerja memerlukan upaya lebih.

Polinema-3.jpg

Salah satu cara Polinema mempersiapkan calon lulusan dan upaya meningkatkan kualitas mahasiswa dan lulusannya sebelum memasuki dunia kerja adalah melalui berbagai program sertifikasi kompetensi mahasiswa dan pelatihan vokasional dan dengan memberikan pembekalan tentang kehidupan di dunia kerja professional.

Pembekalan diri untuk mahasiswa Polinema yang akan memasuki dunia kerja kini menjadi semakin penting. Harapannya agar mahasiswa nanti bisa menjadi karyawan yang siap bekerja secara profesional. Berkembangnya arus informasi membuat iklim ketenagakerjaan semakin dinamis.

"Memasuki era globalisasi, tenaga kerja Indonesia harus meningkatkan kualitas dirinya agar siap bersaing dengan tenaga kerja dari luar," jelasnya.

Presiden BEM Polinema Ryan Yudhistira Fitrah Chandra menyampaikan bahwa kegiatan Seminar Nasional ini sebagai edukasi dan gambaran bagi peserta khususnya mahasiswa yang hendak lulus dan baru lulus kuliah tentang dunia kerja.

"Kegiatan ini sekaligus pembekalan mahasiswa dalam menyiapkan dunia kerja. Ini adalah hari puncak dari Seminar Kerja Nasional," pungkasnya.

Selain Wamenaker RI, BEM Polinema juga mengundang Owner Awesam Malang Fafi Fathur dan Founder Speaking.id Zahra Noor sebagai narasumber. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.