Pendidikan

Ukir Prestasi Internasional, Siswa SMA Pradita Dirgantara Lolos Philippine International Mathematical Olympiade

Senin, 05 April 2021 - 17:02
Ukir Prestasi Internasional, Siswa SMA Pradita Dirgantara Lolos Philippine International Mathematical Olympiade Nasywa Atha Talitha, siswi SMA Pradita Dirgantara, merasa bersyukur turut menorehkan prestasi di ajang internasional. (foto: SMA Pradita Dirgantara for TIMES Indonesia)

TIMES BONTANG, JAKARTA – Prestasi demi prestasi terus diukir SMA Pradita Dirgantara Boyolali, Jateng, ri ajang kejuaraan kelas internasional. Kali ini siswa-siswi SMA ini berhasil meraih prestasi di ajang Philippine International Mathematical Olympiade (Phimo) dengan skala heat round (babak penyisihan)

Phimo merupakan kompetisi Olimpiade Matematika Tingkat Internasional yang digelar setiap tahun. Lolosnya peserta dari SMA Pradita Dirgantara ini diumumkan pada Minggu, 4 April 2021.

Olimpiade Phimo sendirj diselenggarakan oleh Math Olympiads Training League Philippines, Inc. (MOTLI). Kali ini diikuti 417 peserta dari seluruh Indonesia yang terdiri dari pelajar tingkat TK sampai dengan SMA. Di Indonesia ajang ini dikoordinatori oleh PPM (Pusat Pendidikan Matematika) Tulungagung sebagai partner Phimo untuk Indonesia.

SMA Pradita Dirgantara virtual awarding 2

SMA Pradita Dirgantara sendiri mengikutsertakan 4 siswanya. Yakni M. Rizky Narindra (kelas X E) yang meraih Merit Award. Sedang 3 siswa lainnya meraih medali perak dan perunggu. 

Siswa atas nama Nasywa Atha Talitha (kelas X E) berhasil memperoleh medali perak untuk tingkatan SMP. Lalu, Aphrodity Nirmala Putri (kelas X D) memperoleh medali perunggu tingkatan SMP.  Sedangkan Gilbert Dipta Utama Silaban (kelas XI E) memperoleh medali perunggu untuk tingkatan SMA. 

“Saya sangat senang sekali berkesempatan mengikuti ajang Phimo ini, karena mendapatkan bentuk soal-soal baru sehingga dapat memperluas wawasan," ujar Nasywa Atha Talitha, salah satu siswa. 

"Saya sangat bersyukur dapat memperoleh silver award. Ke depannya saya berharap dapat meningkatkan kemampuan saya dalam mengerjakan matematika dan berikutnya dapat berpartisipasi ke lomba-lomba lain,” tambahnya.

Untuk mempersiapkan kompetisi ini, Zeni Rofiqoh SPd MSc, guru pembimbing, melakukan pembimbingan secara online yang dilakukan setelah jam pembelajaran. Juga melalui ekstrakurikuler KSN Matematika setiap Sabtu. 

SMA Pradita Dirgantara virtual awarding 3

“Peran pembimbing di sini melakukan pendaftaran, membimbing secara materi dan kesiapan siswa sebelum lomba termasuk saat trial untuk lomba/teknis lomba," ujar Zeni.

Ia juga menyampaikan harapannya untuk siswa-siswi SMA Pradita Dirgantara. “Saya berharap siswa yang menang akan dapat melanjutkan perjuangan dan semangatnya di babak final Phimo, sehingga membawa nama baik SMA Pradita Dirgantara di tingkat nasional dan internasional," harapnya.

Selain itu, sambung Zeni, siswa yang menang dapat terus belajar agar bisa menjadi delegasi sekolah pada lomba KSN (Kompetisi Sains Nasional) mendatang. "Untuk siswa yang lain saya harap untuk ikut bersemangat dan berbahagia atas kemenangan teman-temannya. Jadikan kemenangan teman-teman ini sebagai pemacu untuk dapat meraih prestasi dibidang yang mereka kuasai,” ujar guru SMA Pradita Dirgantara ini. (*)

Pewarta :
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.