Pendidikan

Jadi Rujukan Masyarakat, Ini Kekhasan STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang

Sabtu, 30 November 2019 - 22:31
Jadi Rujukan Masyarakat, Ini Kekhasan STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang Pendiri STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang, KH Hasyim Muzadi. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMES BONTANG, MALANGSTAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang didirikan oleh KH Hasyim Muzadi, tokoh bangsa Indonesia yang juga mantan ketua umum PBNU dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden Joko Widodo. Sejak didirikan, kampus yang berada di Kompleks Pesantren Mahasiswa Al Hikam, Malang, ini banyak menjadi jujugan umat.

Khususnya bagi masyarakat kurang mampu yang ingin menguliahkan anaknya di Malang. Tak heran jika STAI Al Hikam ini sebagian besar mahasiswanya berasal dari masyarakat kurang mampu. Bahkan mereka pun bisa tinggal gratis di pesantren. 

Ketua STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang, Prof Dr Kasuwi Saiban MAg menuturkan, mengingat kondisi mahasiswa yang rata-rata berasal dari keluarga yang kemampuan ekonominya menengah ke bawah,  STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang bekerja sama dengan banyak pihak. 

Di antaranya, Sampoerna, PT Rothmans of Pall Mall, Kemenag RI, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, serta para donator yang tidak mengikat.

 "Kami memberi beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi. Terutama dalam Tahfidzul Qur’an dan Kitab Kuning.   Juga bagi mereka yang kurang mampu dalam pembiayaan, termasuk kepada para guru madin," tandas Kasuwi.

Dengan misi mulia ini STAI Ma’had Aly Al-Hikam terus memegang konsistensi mottonya “Menjaga Tradisi Mengukir Prestasi” dengan mempertahankan nilai-nilai salaf. 

"Nilai-nilai salaf kini cenderung kurang mendapat perhatian masyarakat. Misalnya membaca kitab kuning. Di sini kampus mewajibkan kepada para mahasiswa, khususnya yang mukim di pesantren, untuk mengikuti pembinaan baca kitab kuning yang diampu oleh para ustadz senior," jelas Kasuwi.

Dengan begitu, lulusan STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang ini  bisa terjun di masyarakat. Di samping membawa bekal ilmu yang diperoleh dari bangku kuliah, juga bekal ilmu salaf yang diperoleh dari kitab kuning tersebut. Ini kekhasan di kampus Al Hikam. (*)

Pewarta : Theofany Aulia (DJ-999)
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.