Pendidikan

Siap Kuliah Tatap Muka? Ini Hal-Hal yang Harus Diketahui Mahasiswa

Selasa, 09 Agustus 2022 - 06:11
Siap Kuliah Tatap Muka? Ini Hal-Hal yang Harus Diketahui Mahasiswa Ilustrasi mahasiswa saat perkuliahan. (Foto: freepik.com)

TIMES BONTANG, JAKARTA – Terhitung dua tahun lebih pasca pandemi, saat ini hampir seluruh kampus di Indonesia sudah menerapkan perkuliahan secara tatap muka.

Hal ini menjadi pertanda baik bagi mahasiswa baru angkatan 2022 dan seluruh mahasiswa lainnya yang akan merasakan dunia perkuliahan secara langsung setelah tahun-tahun sebelumnya seluruh perkuliahan dilaksanakan secara daring.

Masa orientasi, kelas, dan berbagai kegiatan perkuliahan maupun organisasi mulai dilakukan secara tatap muka. Bagi mahasiswa baru maupun mahasiswa lama yang belum pernah merasakan perkuliahan secara langsung di kampus mungkin akan merasa bingung, apa saja yang harus dipersiapkan untuk menghadapi perkuliahan tatap muka.

mahasiswa-saat-perkuliahan-a.jpgFoto: freepik.com

Agar tidak bingung, yuk intip beberapa hal yang bisa diketahui dan dipersiapkan untuk menyambut perkuliahan offline.

1. Wajib berpakaian rapi

Di dunia perkuliahan, umumnya mahasiswa dibebaskan untuk memakai pakaian apa saja asalkan sopan dan rapi. Kemeja berkerah adalah barang wajib yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa. Apakah tidak boleh menggunakan kaos oblong atau hoodie? Terdapat beberapa jurusan dan dosen yang mengharamkan mahasiswanya memakai kaos atau hoodie di kelas. Jadi, lebih baik untuk memakai pakaian yang berkerah atau blouse dan tunik untuk perempuan.

2. Wajib bersepatu

Ketika memasuki area kampus, mahasiswa wajib menggunakan sepatu. Jenis sepatu seperti flat shoes, kets, atau sneakers adalah yang paling umum digunakan oleh mahasiswa. Jangan sekali-kali mencoba memakai sandal jepit, sandal gunung, atau bahkan high heels saat perkuliahan berlangsung.

3. Siapkan catatan

Ketika dosen sedang menjelaskan, ada baiknya untuk mencatat poin-poin penting di dalamnya. Mungkin memang akan lebih mudah mencatat lewat handphone atau laptop, akan tetapi ada beberapa dosen yang lebih menyukai mahasiswa yang mencatat di bukunya. So, make sure you have your own notes!

4. Cari teman dekat

Agar masa perkuliahan menjadi lebih berwarna, ada baiknya mencari teman dekat dan menjaring banyak relasi selama perkuliahan. Dalam berbagai macam kebahagiaan dan kesulitan yang akan dihadapi sebagai mahasiswa, teman akan selalu ada untuk membantu dan menemani.

5. Jalin relasi dengan mengikuti organisasi atau volunteer

Dengan menjalin banyak relasi lewat organisasi maupun volunteer, mahasiswa dapat menambah pengalaman dan portofolio yang sangat diperlukan di dunia kerja nantinya. Lewat relasi, mahasiswa juga dapat menjalin banyak kerjasama dan saling berbagi pengalaman yang dapat berguna di kemudian hari.

6. Gali informasi tentang kampus

Hal-hal sekecil letak kamar mandi, masjid, fakultas, dan lainnya sangat penting. Mahasiswa juga harus mengetahui terdapat organisasi atau hal menarik apa di dalam kampus agar dapat mengembangkan diri selama masa perkuliahan. Yang tak kalah penting, mahasiswa juga harus mengenal dosen serta staf pengajar dengan baik agar dapat membantu mahasiswa selama masa studi berlangsung.

7. Jaga kesehatan mental dan fisik

Masa perkuliahan tidaklah mudah. Mahasiswa harus menyiapkan berbagai macam hal yang kemungkinan dapat terjadi selama perkuliahan. Banyak olahraga dan minum vitamin untuk menjaga kekebalan tubuh. Jangan lupa untuk sesekali liburan agar pikiran tidak penat.

Di masa peralihan perkuliahan daring menuju tatap muka ini, memang banyak hal yang harus dipersiapkan oleh mahasiswa. Ada baiknya jika hal-hal di atas sudah mulai dipersiapkan sejak awal agar tidak kaget saat memasuki semester baru.

Sudah siap berkuliah tatap muka kembali? Good luck ya!

Pewarta : Firda Aulia Rachmasari (MG-415)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.