Olahraga

Timnas Indonesia Hajar Hongkong 5-1, Laga Lawan Vietnam Menjadi Penentuan

Jumat, 16 September 2022 - 22:37
Timnas Indonesia Hajar Hongkong 5-1,  Laga Lawan Vietnam Menjadi Penentuan Selebrasi pemain Timnas Indonesia Zanadin Faris usai menjebol gawang Hongkong dalam laga kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (16/9/2022). (foto: PSSI)

TIMES BONTANG, SURABAYATimnas Indonesia tampil dalam permainan terbaiknya untuk menang telak 5-1 atas Hongkong dalam lanjutan kualifikasi Piala Asia U-20 2023 Grup F, Jumat (16/9/2022).

Kemenangan di Stadion Gelora Bung Tomo ini menjadi penting bagi Timnas Indonesia dalam menjaga peluang lolos ke putaran final Piala Asia U-202023 di Uzbekistan. Ini karena Vietnam yang menjadi pesaing terberat juga meraih kemengangan penting 4-0 atas Timor Leste. 

Saat ini Timnas Indonesia dan Vietnam sama-sama mengemas nilai 6 dari hasil dua kemenangan, dan juga mempunyai selisih gol yang sama, yakni 9-1. Kondisi ini membuat laga terakhir Grup F, antara Timnas Indonesia dan Vietnam, Minggu (18/9/2022) menjadi laga penentuan tim mana yang lolos ke Uzbekistan. Ini karena hanya juara grup yang berhak meraih tiket putaran final.

Dalam pertandingan ini, pesta gol Timnas Indonesia dimulai di menit 9 babak pertama lewat sundulan Rabbani Tasnim Siddiq. 

Keunggulan Timnas Indonesia bertambah di menit ke-21 melalui Alfriyanto Nico melalui tembakan kaki kanan usai bermain satu dua dengan Rabbani.

Timnas Indonesia kembali menambah gol dua menit jelang babak pertama usai. Kali ini, giliran Zanadin Fariz yang mencatatkan namanya di papan skor. Gol ketiga tercipta berkat aksi individu cantik dari Zanadin. Pemain nomor punggung enam ini meliuk-liuk melewati beberapa pemain lawan sebelum menjebol gawang Hongkong.

Di babak kedua, Timnas Indonesia masih menunjukkan permainan dominan. Namun ketegangan di kubu Merah Putih sempat terjadi di menit 62. Handsball membuat wasit menunjukkan titik putih dan memberi hadiah penalti bagi Hongkong. Sementara di kotak penalti, kiper Timnas Indonesia Cahya Supriyadi tergeletak usai bertabrakan dengan rekannya Rahmat Beri. Cahya Supriyadi bahkan harus dilarikan ke rumah sakit dengan ambulans karena cedera serius di bagian kepala.

final-Piala-Asia-U-20-2023-2.jpg

Posisi Cahya Supriyadi akhirnya diganti oleh Aditya Arya Nugraha. Hongkong akhirnya berhasil mencetak gol lewat penalti Chen Ngo Min. Tendangan penalti Chen sebenarnya bisa ditepis oleh Aditya namun bola memantul di depan Chen yang langsung disambarr untuk menjebol gawang Indonesia. 

Meski sempat kaget dan mendapat tekanan, pemain Timnas Indonesia mampu bangkit dan akhirnya menambah dua gol melalui Marselino Ferdinan dimenit 86 dan penalti di 89.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia masih harus menunggu hingga laga terakhir melawan Vietnam pada Minggu (18/9/2022). Hanya kemenangan yang bisa menjamin Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023. (*)

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.