Olahraga

Askot PSSI Bontang Seleksi 25 Orang Pemain untuk Piala Soeratin U-13

Selasa, 13 September 2022 - 22:07
Askot PSSI Bontang Seleksi 25 Orang Pemain untuk Piala Soeratin U-13 Pelatih Mattuliang Mengarahkan 25 pemain U-13 Seleksi Piala Soeratin Bontang (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)

TIMES BONTANG, BONTANG – Selama 4 Pekan Asosiasi Kota PSSI Bontang (Askot PSSI Bontang) menggelar seleksi Piala Soeratin U-13 di stadion Bessai Berinta atau Lang-Lang. Kini tim pelatih yang dipimpin Mattuliang dan Musbar itu sudah menentukan 25 remaja terbaik Kota Taman masuk dalam line-up pilihannya.

Tidak lama lagi, dua pelatih yang sarat pengalaman ini akan menyeleksi kembali 25 pemain mengerucut menjadi 20 orang. Namun pihaknya masih memantau perkembangan anak didiknya itu dalam mencerna materi latihan yang diberikan.

Selanjutnya 20 orang pemain itu akan mewakili Askot PSSI Bontang dalam ajang bergengsi tertua untuk semua level usia berskala nasional itu atau Piala Soeratin.

Pelatih kepala U-13, Mattuliang mengatakan pilihannya untuk memilih pemain di usia ini sangat sulit baginya dan tim. Pasalnya dalam pantauannya berdua bersama pelatih Musbar, saat ini ia mengakui kemampuan peserta seleksi sangat merata alias rata rata baik.

Sehingga perannya sebagai pelatih dan dengan berbekal pengalaman yang dimiliki dalam berbagai kejuaraan sepakbola yang diikuti baik sebagai pemain maupun pelatih, menuntut pemikiran dan perhatian ekstra lebih. 

Askot-PSSI-Bontang-B.jpgPelatih Kepala Seleksi U-13 Piala Soeratin Askot Bontang (Foto: Mattuliang)

Namun pria alumnus SMA Negeri Ragunan ini optimistis tim yang akan dibentuknya adalah tim terbaik dari remaja terbaik di Kota Bontang.

"Intinya, kami dari tim pelatih akan memilih pemain yang siap, baik itu dari segi kemampuan bermain bolanya maupun jiwa petarungnya dan tentunya akan selalu memaksimalkan latihan-latihan, di sisa waktu yang ada," ujar Mattuliang kepada TIMES Indonesia, Selasa (13/9/2022).

Bukan tidak mungkin jika pada perjalanan tim nantinya masih ada kekurangan yang ditemui, pihaknya akan memanggil kembali pemain yang bisa mengisi posisi yang diharapkan itu.

"Sebelum turnamen ini kita juga belum tahu apakah nanti akan menambah pemain di sektor yang di anggap lemah. Sementara saya masih memantau di sektor mana kelemahan itu," ucapnya.

Sementara Manager Piala Soeratin U-13 Askot Bontang, Suriadi Bagong mengapresiasi upaya pelatih U-13 dalam menyeleksi pemain. 

Dalam pantauannya sebagai sesama mantan pemain sepak bola selama ini, kedua pelatih memberikan perhatian optimal bagi semua peserta seleksi. Asupan teknik dan ilmu setiap saat dijadikan makanan bagi pemain setiap latihan digelar.

"Luar biasa usaha pelatih yang ini, mereka tidak hanya fokus pada perkembangan tim, tapi juga fokus pada person tim seleksi," ungkap Bagong sapaannya.

Diketahui, kelompok umur U-13 pada tahun 2022 terbilang kategori nomor tanding baru. Sebelumnya sejak tahun 2017 hanya ada dua kelompok umur, U-15 dan U-17.

Pelaksanaan Piala Soeratin akan digelar paling cepat November mendatang. Kota Bontang akan mengikuti tahapan seleksi tim ditingkat Provinsi Kaltim terlebih dahulu.

Kemudian satu tim terbaik hasil turnamen ditingkat Askot mewakili Asprov pada turnamen antar Asprov. Dan seterusnya hingga tim terbaik dari Asprov yang akan melenggang menjadi juara Piala Soeratin. 

"Rencana bulan November atau Desember jadwalnya, malah kadang dadakan," tutup manager U13, Suryadi Bagong.

Rencananya, Piala Soeratin U-13 akan berlangsung di Lapangan C dan D, kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno, DKI Jakarta dari tanggal 19-29 Maret 2022. Kemudian untuk kelompok umur U-15 berlangsung di Stadion Benteng dan Indomilk, Tangerang mulai tanggal 19-29 Maret 2022. Sementara untuk kelompok umur U-17 dilangsungkan di Kota Surabaya dan Malang, untuk kelompok umur ini dimulai dari tanggal 14-26 Maret 2022.(*)

Pewarta : Kusnadi
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.