https://bontang.times.co.id/
News Commerce

Berkembang Pesat dengan Dukungan PT Pupuk Kaltim, Borneos.co Sempurnakan Tampilan

Senin, 21 November 2022 - 20:22
Berkembang Pesat dengan Dukungan PT Pupuk Kaltim, Borneos.co Sempurnakan Tampilan Kahar Muzakir Bersama Wakil Wali Kota Bontang, Najirah, Sekper Pupuk Kaltim Teguh Ismartono dan VP TJSL Pupuk Kaltim, Anggono wijaya Saat lakukan Grand Launching Borneos.co (FOTO: Kusnadi/TIMES Indonesia)

TIMES BONTANG, BONTANG – Belum genap setahun sejak dilakukan soft launching pada bulan Februari 2022 lalu, kini marketplace Borneos.co kembali menggelar grand launching sebagai bentuk penyempurnaan tampilan website.

Meningkatnya kunjungan dan minat mitra website marketplace lokal pertama di Kota Bontang ini mendorong sang founder, Kahar Muzakir untuk berbenah guna memanjakan mitra UMKM untuk menambah fitur yang ada dalam aplikasi berbasis website belanja online tersebut. 

Hingga saat ini, telah bergabung 246 mitra UMKM dan berhasil membantu 43.956 transaksi mitra UMKM lokal Bontang. Selain itu Borneos.co merupakan komunitas digital binaan Pupuk Kaltim yang telah berhasil memberdayakan total 40 pemuda-pemudi Kota Bontang.

Seluruh-Undangan-berfoto-bersama.jpgSeluruh Undangan berfoto bersama (FOTO: Kusnadi/TIMES Indonesia)

Giat yang juga mengenalkan Website katalog Mitra Binaan KamiUMKM.com dan Workshop DigitalisasiUMKM Kota Bontang Borneos.co yang dihelat di Ballroom Hotel Ekuator Bontang, Senin (21/11/2022), dihadiri oleh Wakil Wali Kota Bontang, Najirah, VP Sekretaris perusahaan PT Pupuk Kaltim, Teguh Ismartono, VP TJSL,Anggono wijaya, perwakilan Polres Bontang dan Jajaran Manajemen PT Pupuk Kaltim. 

Dihadapan para undangan dan pelaku UMKM Bontang, Founder Borneos.co Kahar Muzakir mengatakan telah melakukan penambahan berbagai kategori UMKM lain dalam tampilan Borneos.co, diantaranya Kerajinan dan Kriya, Retail, Fashion, Kesehatan dan Agrobisnis. 

Sebanyak 6 kategori dan 36 sub kategori menampilkan fitur terfavorit, fitur mitra terlaris, fitur share profil mitra, fitur share product mitra dan pengembangan fitur keranjang belanja.

"Marketplace yang ada di Bontang harus fit dengan marketnya, Kalau dalam bisnis kita kenal dengan istilah product market fit. Tanpa perlu ribet ribet download lagi maka ketemu Borneos.co," ujar Kahar Muzakir dihadapan ratusan pelaku UMKM.

Dijelaskan Kahar sapaan akrabnya, Borneos.co berupaya memudahkan para mitra UMKM dan pelanggan yang menggunakan Borneos.co sebagai kemudahan dalam bertransaksi kegiatan keseharian.

"Semua kemudahan ini berkat dukungan dan bantuan PT Pupuk Kaltim," ucapnya.

Selain itu Kahar juga memastikan bahwa kehadiran Borneos.co merupakan upayanya untuk mendukung program pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Bontang. Hal itu dipastikan pihaknya telah menjadi pendamping dalam event turnamen Bola Voli di atas Laut di Pulau Malahing.

"Ke depan Borneos.co juga bakalan ada fitur Pariwisata guna mendukung pariwisata di Kota Bontang," ungkapnya disambut tepuk tangan.

Sekretaris perusahaan PT Pupuk Kaltim, Teguh Ismartono mengapresiasi capaian Borneos.co yang telah ambil bagian dalam mendukung program UMKM bersama PT Pupuk Kaltim.

"Selain itu borneos.co merupakan komunitas digital binaan Pupuk Kaltim yang telah berhasil memberdayakan total 40 pemuda-pemudi Kota Bontang," ucapnya.

Dikatakan Teguh, sebagai bentuk program proaktif Pupuk Kaltim dalam fokus kegiatan pemberdayaan UMKM dan digitalisasi UMKM, Ia berharap akselerasi UMKM menuju platform digital dapat memaksimalkan keuntungan bagi para UMKM. 

"Kami mendorong UMKM Kota Bontang dalam aspek digitalisasi hingga selaras dengan cita-cita kota Bontang. Dan tentunya terciptanya sinergi positif antara, Pupuk Kaltim, UMKM, Pemerintah dan Masyarakat Kota Bontang," harapnya.

Senada Wakil Wali Kota Bontang, Najirah tak luput pula menyampaikan rasa bangga atas inisiatif anak muda Bontang yang menjadi penggerak UMKM di Kota Bontang dengan website belanja online Borneos.co.

Pasalnya, dampak dari pandemi Covid-19 sektor UMKM telah bergeser menjadi digitalisasi. Sektor ini sebut Najirah merupakan sektor paling banyak menjadikan perekonomian nasional tetap bertahan ditengah sulitnya perekonomian dunia saat itu.

"Sebagai tantangan atau peluang melalui sektor UMKM perkembangan gaya hidup digital sampai bonus demografi tahun 2035 menjadi potensi dalam.meningkatkan sektor usaha," jelas Najirah. 

Dalam Grand Launching Borneos.co memastikan tampilan baru dalam layanan penggunaan Borneos.co. Dalam bentuk tampilan kekinian, yang mengutamakan pengalaman untuk di mobile smartphone.

Sementara website KamiUMKM yang juga dilaunching dalam Grand Launching dapat diakses oleh masyarakat dan pelaku UMKM dengan melihat tampilan produk UMKM Binaan TJSL Pupuk Kaltim. 

Selain itu kemudahan fitur QR agar dapat mengakses kebutuhan pameran, akses link langsung ke marketplace Borneos.co hingga adanya artikel UMKM Binaan Pupuk Kaltim akan tampak dalam website KamiUMKM. (*)

Pewarta : Kusnadi
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.