Kopi TIMES

Pancasila, Bung Karno dan Indonesia Bangkit!

Selasa, 01 Juni 2021 - 07:56
Pancasila, Bung Karno dan Indonesia Bangkit! H Sugirah S Pd, M Si, Wakil Bupati Banyuwangi sekaligus kader militan PDI Perjuangan

TIMES BONTANG, BANYUWANGISEJAK tahun 2017, seluruh rakyat Indonesia sepakat. Menyematkan dalam hati dan pikiran, tentang kesakralan tanggal 1 Juni. Sebagai hari lahir Pancasila. Hari lahir dasar negara Republik Indonesia.

Lahirnya Pancasila, tak lepas dari sosok proklamator kemerdekaan Indonesia, Ir Soekarno. Pancasila kali pertama dicetus Bung Karno, saat pidato dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan, pada tanggal 1 Juni 1945.

Saat itulah konsep dan rumusan awal Pancasila dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar dan ideologi negara Republik Indonesia.

Sebagai dasar negara, ideologi serta nafas hidup bangsa, Pancasila, terbukti mampu menyatukan segala perbedaan. Mampu menjadi ruh dalam membangun kemajuan. Mampu menjadi pondasi dalam menegakan keadilan. Serta mampu menjadi semangat dalam menggapai kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

Bahkan dikala Ibu Pertiwi sedang dilanda kesedihan. Dihantam derita Covid-19. Pancasila, buah pemikiran Bung Karno, tetap mampu menjadi ramuan sakti. Obat manjur untuk berangsur menuju Indonesia Bangkit dari Covid-19.

Lima sila, Ketuhanan yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Disadari atau tidak, tetap akan menjadi sebuah resep mujarab bagi rakyat Indonesia untuk bisa segera bangkit dari keterpurukan masa pandemi.

Disitu terkandung amanat agar seluruh rakyat Indonesia patuh dan menjunjung tinggi arahan serta peraturan pemerintah. Seperti halnya saat ini pemerintah yang tak pernah lelah mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Memakai masker, menjaga jarak aman dan mencuci tangan dengan sabun (3M).

Pancasila juga mengajarkan kepada rakyat Indonesia untuk tidak menjadi manusia individualis. Namun membimbing masyarakat untuk lebih peduli pada sesama dan melestarikan semangat gotong royong. Sebuah sikap yang sangat diperlukan untuk tumbuh dimasa pandemi.

Mulai dari peduli dengan mengingatkan jika ada masyarakat yang tidak menggunakan masker atau tidak patuh protokol kesehatan. Hingga mengikhlaskan sebagian rezeki untuk sesama yang terimbas keterpurukan ekonomi masa pandemi.

Nilai kearifan lokal yang terkandung dalam Pancasila, bukan saja menuntun masyarakat untuk gotong royong dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi juga gotong royong dalam mendayagunakan seluruh elemen, potensi bangsa menuju Indonesia Bangkit.

H Sugirah Hari Pancasila

Sebagai ujung dari segala upaya. Adalah sila pertama Pancasila. Ketuhanan yang Maha Esa. Yakni berdoa kepada Allah, meminta agar wabah Covid-19 bisa segera sirna dari bumi Indonesia.

Dan semoga, hari kelahiran Pancasila tahun 2021 ini bisa membawa kekuatan baru. Semangat sang pencetus, Bung Karno, mampu merasuk kedalam jiwa dan raga seluruh rakyat Indonesia. Untuk saling peduli, bergandengan tangan, bergotong royong demi Indonesia Bangkit dari Covid-19.

Berlapis petuah agung Tri Sakti Bung Karno. “Berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi, dan mandiri secara kebudayaan”, dipastikan bangsa Indonesia bukan hanya akan bangkit dari masa pandemi. Tapi juga menjadi negara maju dengan kemandirian. (*)

 

***

 

* Penulis adalah H Sugirah S Pd, M Si, Wakil Bupati Banyuwangi sekaligus kader PDI Perjuangan.

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

 

____________
**) Kopi TIMES atau rubik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: opini@timesindonesia.co.id

**) Redaksi berhak tidak menanyangkan opini yang dikirim.

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.