Kopi TIMES

Muda dan Usaha

Selasa, 31 Mei 2022 - 14:35
Muda dan Usaha Darnela Putri, Pengurus PP Iluni UIN Imam Bonjol Padang 2021-2026.

TIMES BONTANG, YOGYAKARTAKITA tidak asing lagi dengan kata muda yang disandingkan dengan usaha. Begitu menariknya hal ini dalam membuka cakrawala kita di era sekarang ini  bahwa sukses itu bukan hanya soal bekerja pada instansi. Apapun profesi seseorang mulai dari artis, dokter, akademisi, mahasiswa dan lainnya turut melibatkan diri mereka dalam dunia usaha.

Tidak selalu yang menjadi pemain utama, menjadi pemasok modal alias investor juga bisa. Melirik dari postingan Bisnisindonesia.id disampaikan bahwa data yang dirilis oleh Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) menyebutkan pada tahun 2021 mayoritas pembeli utama SBN ritel adalah generasi muda dengan kontribusi sebesar 39,1 persen. 

Didukung oleh perkembangan zaman yang dimudahkan oleh internet, tiada kata sulit bagi seseorang yang mau terjun dalam dunia usaha. Baik itu secara aktif ataupun pasif terlebih bagi anak muda yang rerata sudah begitu fasih memainkan dunia internet. Untuk ilmunya? Luar biasa banyaknya yang dengan mudah dapat discrolll dilayar handphone masing-masing. 

Bicara muda tentu tahapan berikutnya adalah dewasa. Dalam dewasa ada sebuah tuntutan yang namanya mandiri. Salah satu jenis mandiri ini adalah mandiri secara keuangan. Membuat sebuah usaha bisa menjadi alternatif untuk menjawab hal itu. Dorongan dari berbagai pihakpun luar biasa akan hal ini. Dari pemerintah misalnya, banyak event-event yang membuka peluang bagi anak muda dalam mengembangkan usahanya.

Tidak hanya modal bahkan akses untuk pendampinganpun juga disediakan, segi Undang-undangpun turut dirancang. Dari sisi mahasiswa begitu banyak lomba-lomba businesplan diadakan, ini peluang besar yang harus diambil dalam mengasah kemampuan diri. Dari pihak perbankan apalagi, ajang-ajang mencari sosok wirausaha mandiri gencar diadakan.

Muda kini selain gemar belajar, kita juga musti gemar berwirausaha. Tidak mengandalkan transferan orang tua semata, juga belajar menambah kran pemasukan dari apa yang kita bisa. Zaman sekarang kita tidak ada jaminan bahwa dengan bersekolah tinggi akan mendapatkan pekerjaan yang tinggi pula. Namun dengan bersekolah kita bisa menentukan arah hidup kita dan bukan di instansi saja tempatnya. Anak muda sekarang identik dengan kreativitasnnya, bekerja di instansi mungkin masih menjadi primadona bagi orang tua dalam melihat kesuksesaan anaknya.

Dibaliknya sudah banyak anak muda yang memilih untuk mengembangkan usaha. Membuktikan bahwa sukses tidak selalu mengabdi pada instansi. 

Seperti yang diberitakan oleh Kompas.com diketahui bahwa data yang dicatat oleh Pusat Instansi Pemerintah (PIP), lembaga pembiayaan ultra mikro di bawah Kementrian Keuangan ini nasabah dengan rentang usia 20-29 tahun jumlahnya terus bertambah dalam beberapa waktu belakangan ini (2021). Tentu pertambahan ini bukan digunakan untuk keperluan konsumtif melainkan untuk menjalankan sebuah bisnis.

Orientasi muda kini jangan lagi mengandalkan instanti sebagai labuhan diri. Sudah tidak tertampung saking banyaknya yang mendaftar. Banyak jalan lain yang bisa dilakoni, ekspansikan pikiran, nyatakan dalam tindakan. Muda kini adalah muda yang dekat dengan dunia usaha. Muda kini adalah muda yang mandiri bukan sebaliknya yang jadi beban orang lain.

***

*) Oleh: Darnela Putri, Pengurus PP Iluni UIN Imam Bonjol Padang 2021-2026.

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

 

________
**)
Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.