Berita

Terima Global Citizen Award, Presiden Jokowi: Ini untuk Rakyat Indonesia

Selasa, 20 September 2022 - 21:05
Terima Global Citizen Award, Presiden Jokowi: Ini untuk Rakyat Indonesia Presiden Jokowi menyampaikan sambutannya melalui tayangan video. (FOTO: dok. Kemlu)

TIMES BONTANG, JAKARTAPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) mendapatkan penghargaan bergengsi Global Citizen Award dari lembaga think tank Amerika Serikat, Atlantic Council, Senin (19/09/2022) kemarin. Presiden Jokowi menyambut baik penghargaan tersebut. 

"Penghargaan ini saya dedikasikan untuk seluruh rakyat Indonesia," ucap Presiden Jokowi, dikutip dari sambutannya melalui pesan video pada Selasa (20/9/2022). 

Mewakili Presiden Jokowi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menerima secara langsung penghargaan tersebut. Dia mengatakan bahwa Presiden Jokowi adalah perwujudan dari semangat yang Indonesia ingin diproyeksikan kepada dunia.

"Yaitu paradigma kolaborasi, pembangun jembatan (bridge-builder) dan menjadi bagian dari solusi," ucap Menlu RI Retno Marsudi. 

Global-Citizen-Award-2.jpgMenlu Retno Marsudi saat mewakili Presiden Jokowi menerima penghargaan Global Citizen Award. (FOTO: dok. Kemlu)

Executive Chairman WEF, Mr. Klaus Schwab mengungkapkan Presiden Jokowi memperoleh penganugerahan tersebut didasarkan atas kepemimpinannya sebagai Presidensi G20, upaya dalam menjembatani dampak perang di Ukraina dan dukungan luas untuk memajukan pemenuhan hak asasi manusia, demokrasi dan arsitektur kesehatan global yang lebih baik.

“Merupakan suatu kehormatan bagi saya dapat memperkenalkan Presiden Jokowi. Memulai karirnya sebagai pelaku bisnis, lalu menjadi walikota Surakata, Presiden Joko Widodo memasuki ranah politik untuk melayani rakyatnya, bekerja bersama rakyatnya", kata Mr. Klaus Schwab. 

Mr. Klaus Schwab menjelaskan Presidensi Indonesia di G20 terjadi pada saat dunia dihadapkan oleh tantangan multidimensi dan oleh karena memerlukan pemimpin yang memiliki kemampuan luar biasa, pemimpin yang menginginkan kepercayaan dari semua pihak. 

"Presiden Jokowi bukan hanya pemimpin rakyat Indonesia, tapi pemimpin yang memiliki visi global, mempromosikan perdamaian dan kemakmuran dunia," kata Klaus Schwab. 

Penganugerahan Global Citizen Award merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Atlantic Council di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York. 

Penghargaan diberikan bagi para tokoh yang dipandang memberikan kontribusi nyata bagi dunia. Sejumlah tokoh dunia yang pernah mendapat penghargaan tersebut termasuk mendiang Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, mantan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte.

Selain kepada Presiden RI, penghargaan Global Citizen Award tahun 2022 juga dianugerahkan kepada Presiden Finlandia Sauli Niinistö, Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson, CEO Google dan Alphabet Sundar Pichai, serta aktor dan UNESCO Special Envoy for Peace and Reconciliation Forest Whittaker.

Dalam acara penghargaan Global Citizen Award tahun 2022 juga memberikan penghormatan kepada mendiang Shinzo Abe, mantan Perdana Menteri Jepang dan Yang Mulia Ratu Elizabeth II.

Penerima Global Citizen Award

Dilansir dari Wikipedia, Global Citizen Award merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Atlantic Council yang telah digelar sejak 2004 dengan penerima Stanislav Petrov yang merupakan seorang Letnan Kolonel, yang memainkan peran kunci dalam insiden alarm palsu nuklir Soviet 1983.

Global-Citizen-Award-3.jpgMenlu Retno Marsudi saat memberikan sambutannya. (FOTO: dok. Kemlu)

Dalam ajang kedua pada 2010, Global Citizen Award diberikan kepada Germany Klaus Schwab yang merupakan pendiri dan Ketua Eksekutif Forum Ekonomi Dunia. 

Sejumlah nama tokoh dunia pernah menerima Global Citizen Award. Seperti Sesneg AS John Kerry (20011), Aung San Suu Kyi (2012), mantan Menlu AS Henry Kissinger (2012), mantan PM Israel Shimon Peres (2014). Ada pula mantan PM Singapura Lee Kuan Yew (2014), aktor Robert De Niro (2014), mantan PM Jepang Shinzo Abe (2016), dan banyak lainnya.

Berdasarkan data penerima Global Citizen Award, Indonesia melalui Presiden Jokowi untuk pertama kalinya mendapatkan penghargaan bergengsi tersebut. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.