Berita

Resmikan Tol Cibitung-Cilincing dan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A, Presiden RI Jokowi: Tingkatkan Mobilitas Logistik

Selasa, 20 September 2022 - 15:10
Resmikan Tol Cibitung-Cilincing dan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A, Presiden RI Jokowi: Tingkatkan Mobilitas Logistik Presiden RI Jokowi didampingi Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat meresmikan ruas tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja Seksi 1A (JORR 3) di Gerbang Tol Gabus, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (20/9/2022). (FOTO: Biro Komunikasi Publik

TIMES BONTANG, BEKASIPresiden RI Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR RI) Basuki Hadimuljono meresmikan dua ruas jalan tol pada Kawasan Jabodetabek yaitu ruas tol Cibitung-Cilincing (Jakarta Outer Ring Road/2) dan ruas tol Serpong-Balaraja Seksi 1A (JORR 3) di Gerbang Tol Gabus, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (20/9/2022).

Kedua ruas  tol lingkar luar yang diresmikan Presiden RI Jokowi tersebut melengkapi struktur jaringan jalan tol pada kawasan metropolitan Jabodetabek yang berfungsi untuk mendukung mobilitas barang dan jasa ke outlet utama di Tanjung Priok, serta mengurangi kemacetan.

Tol-Cibitung-bf1d3abc2a2af6433.jpgIlustrasi ruas tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja Seksi 1A (JORR 3) (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

Presiden RI Jokowi mengatakan kehadiran Tol Cibitung-Cilincing sepanjang 27,2 kilometer ini bisa mempercepat mobilitas barang yang berasal dari kawasan industri dan kawasan logistik yang tersebar di Karawang dan Bekasi menuju Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara.

“Kecepatan inilah yang nanti akan mempermudah mobilitas barang dan jasa, serta memperkuat daya saing produk-produk Indonesia yang akan diekspor,” kata Presiden RI Jokowi.

Turut hadir pada acara peresmian tol Cibitung-Cilincing dan tol Serpong-Balaraja Seksi 1A itu, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Pj  Gubernur Banten Al Muktabar dan Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Persero) / Pelindo Arif Suhartono.

Jalan Tol Cibitung-Cilincing memiliki panjang seksi 1 dan operasi seluruhnya 34,8 km. Seksi 1 (Cibitung – Telaga Asih) sepanjang 3,03 km sudah beroperasi 2,65 km pada Juli 2021, Seksi 2 dan 3 (Telaga Asih – Tarumajaya) sepanjang 24,5 km, dan Seksi 4 (Tarumajaya – Cilincing) dalam tahap konstruksi 96% dengan target selesai Desember 2022.

“Jalan Tol Cibitung-Cilincing yang kita resmikan ini adalah bagian dari JORR 2 dan kita harapkan JORR 2 ini akan rampung selesai 100% di akhir tahun 2023,” kata Presiden RI Jokowi.

Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono mengatakan, peningkatan aksesibilitas serta konektivitas jaringan infrastruktur jalan tol untuk memberikan kelancaran, keselamatan, keamanan, juga kenyamanan perjalanan.

Tol-Cibitung-c0c9b855ed94e4ce1.jpg

Pembangunan jalan tol ini dikerjakan BUJT PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways dengan kontraktor PT Waskita Karya dan konsultan supervisi PT Virama Karya SMEC Denka. Total nilai investasinya sekitar Rp12,91 triliun untuk keseluruhan 4 seksi.

Jalan tol yang merupakan bagian dari Jalan Tol JORR 2 ini, nantinya juga dapat mempersingkat waktu tempuh khususnya dari wilayah Timur Jakarta dari Cibitung menuju Utara Jakarta di Tanjung Priok dari sekitar 1 jam lebih lewat Japek dan tol dalam kota, menjadi sekitar setengah  jam.

Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono mengatakan Tol Cibitung-Cilincing juga akan dilengkapi rest area yang berfungsi sebagai Logistic Hub, sehingga tidak hanya akan menciptakan konektivitas yang lebih baik, namun juga memfasilitasi kegiatan logistik yang terintegrasi di dalam satu kawasan.

"Rest Area dan Logistic Hub yang pada tahapan awal direncanakan seluas 40 hektare ini akan memiliki peran penting karena dapat memfasilitasi konsolidasi ekspor dalam rangka mendukung penurunan biaya logistik dan pertumbuhan ekonomi nasional," kata Arif Suhartono.

Pada kesempatan tersebut, Presiden RI Jokowi juga meresmikan Jalan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A (Serpong-CBD) sepanjang 4 km. Ruas Jalan Tol Serpong-Balaraja ini menghubungkan JORR 3 dengan CBD, sehingga diharapkan dapat meningkatkan akses konektivitas dan melayani akses kebutuhan logistik kawasan industri yang terkonsentrasi di Tangerang hingga Serang dan Cilegon.

"Ruas ini adalah awal dari JORR 3, sehingga nanti ketika JORR 2 dan JORR 3 selesai, dari barat ke timur, dari timur ke barat, tidak usah melalui tengah Jakarta. Ini yang akan mengurangi kemacetan yang ada di DKI Jakarta," kata Presiden RI Jokowi.

Pelaksanaan Tol Serpong-Balaraja dibagi menjadi dua tahap. Tahap I yaitu seksi 1A (Serpong-CBD) yang diresmikan hari ini dan seksi 1B (CBD-Legok) yang ditargetkan operasional pada kuarter II 2023. Adapun untuk pembangunan Tahap II yaitu Seksi 2 (Legok-Pasir Barat) dan Seksi 3 (Pasir Barat-Balaraja) akan dilanjutkan pada 2023-2025.  

Hadir mendampingi Menteri RI Basuki Hadimuljono saat Presiden RI Jokowi meresmikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing dan Tol Serpong-Balaraja Seksi 1A itu, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR RI Hedy Rahadian, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, Staf Ahli Menteri PUPR RI Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga Budi Harimawan Semihardjo, dan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta – Jawa Barat Wilan Oktavian. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.