Hukum dan Kriminal

Polisi Australia Menggerebek Dua Ton Narkoba di Pelabuhan Sydney 

Jumat, 26 Agustus 2022 - 12:18
Polisi Australia Menggerebek Dua Ton Narkoba di Pelabuhan Sydney  Rekor hasil tangkapan disembunyikan di lempengan marmer ini. (FOTO: BBC/Polisi New South Wales)

TIMES BONTANG, JAKARTAPolisi Australia membuat sejarah dengan menyita hampir 2 ton metamfetamin dalam sebuah penggerebekan narkoba terbesar di pelabuhan Sydney, Jumat (26/8/2022).

Ini merupakan rekor tangkapan terbesar dalam.sejarah Australia. Narkoba itu disembunyikan dalam marmer dan memiliki nilai lebih dari A$1,6 miliar ($1.1bn; £942.000) atau setara Rp 16,5 triliun.

Tiga pria ditangkap dan ditahan atas dugaan peran mereka dalam mendatangkan obat-obatan itu dari Timur Tengah. Pihak berwenang mengatakan orang-orang itu diduga bagian dari sindikat yang lebih luas dengan hubungan internasional.

Polisi New South Wales mengatakan, kelompok itu canggih tetapi petugas tidak menyangka bahwa mereka berani mengimpor obat dalam jumlah besar itu.

"Jumlah itu mengejutkan," kata Kepala Detektif Supt John Watson. "Penyitaan ini adalah yang terbesar dalam sejarah Australia," tambahnya.

Sebelumnya, awal bulan ini polisi Australia juga menyita hampir 200kg obat-obatan dari sebuah Bentley antik di pelabuhan yang sama awal bulan ini.

Bertindak atas petunjuk, petugas perbatasan memeriksa mobil mewah itu yang tiba dari Kanada dan menemukan kejanggalan. Polisi kemudian menemukan obat-obatan yang disembunyikan di balik lampu depannya, yang akhirnya mengungkap total 161 kg metamfetamin dan 30 kg kokain. Tiga pria juga telah ditangkap.

Australia berada dalam cengkeraman apa yang oleh pihak berwenang disebut sebagai "epidemi es". Mereka mengatakan obat itu memicu kejahatan kekerasan, kecanduan dan masalah kesehatan mental, terutama di komunitas regional.

Negara ini memiliki penggunaan metamfetamin per kapita tertinggi di dunia, dengan sekitar 6% orang Australia, dimana 1,2 juta orang diantaranya pernah menggunakan narkoba.

Dalam penyelidikan yang tidak terkait awal bulan ini, Polisi Australia juga menyita lebih dari 150 kg metamfetamin dari Bentley antik di pelabuhan Sydney, pelabuhan yang sama dimana 2 ton narkoba itu digerebek, Jumat (26/8/2022). (*)

 

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.