Hukum dan Kriminal

Nasib Pemuda Madiun yang Ditetapkan sebagai Tersangka Kasus Hacker Bjorka

Jumat, 16 September 2022 - 20:16
Nasib Pemuda Madiun yang Ditetapkan sebagai Tersangka Kasus Hacker Bjorka Juru bicara Divhumas Polri, Kombes Ade Yaya Suryana saat menyampaikan keterangan pers (FOTO: Dokumen/Polri)

TIMES BONTANG, JAKARTA – Juru bicara Divisi Humas Polri, Kombes Ade Yaya Suryana menyampaikan bahwa jajarannya sudah menetapkan pemuda asal Madiun, Muhammad Agung Hidayatullah atau MAH. Pemuda tersebut diketahui membantu hacker Bjorka dalam melancarkan aksinya meretas berbagai akun tokoh nasional, termasuk presiden Jokowi.

Menurut Ade Yaya, meskipun ditetapkan sebagai tersangka pemuda Madiun tersebut tidak ditahan oleh kepolisian. Alasan tidak ditahan karena pemuda tersebut selama proses pemeriksaan selalu kooperatif dengan penyidik Bareskrim Polri. Dia berharap, dengan penatapan tersangka ini bisa membawa petunjuk jaringan bjorka yang lain.

Kepada awak media di Jakarta, dia mengatakan bahwa tim khusus (timsus) yang sudah dibentuk langsung oleh presiden Jokowi sudah bekerja keras menemukan hacker bjorka. Mereka bekerja dari berbagai wilayah, sehingga menemukan jaringan bjorka yang lain. Mereka berhasil mengidentifikasi keberadaan bjorka dan diduga bekerja tidak sendirian.

Tersangka-MAH.jpgTersangka MAH, saat menjalani aktivitas sehari-hari sebagai penjual es (FOTO: Dokumen/JPNN)

"Tadi ada bilang penahanan nggak? Belum kan. Nah iya berarti sedang diproses dan tidak dilakukan penahanan karena kooperatif. Kamu berharap semoga dengan adanya penetapan tersangka ini bisa menjadi petunjuk siapa saja jaringan bjorka yang lain," kata Ade Yaya di Jakarta, Jumat (16/9/2022).

Kemudian, Ade Yaya menegaskan selama beroperasi hacker bjorka tidak bekerja sendirian. Dia dibantu oleh beberapa orang untuk melancarkan aksinya, termasuk seperti yang dilakukan oleh Muhammad Agung Hidayatullah atau MAH (21). Dia diduga membantu hacker bjorka dalam menyediakan layanan akun telegram. 

"Timsus itu kan ada beberapa lembaga tadi sudah disampaikan, kegiatannya tentu ada di Jakarta, ada di mana-mana. Sekarang timsus pendalaman lebih lanjut, informasi update selanjutnya kita tunggu, mohon sabar. Kami komitmen akan menyelesaikan kasus ini sampai tuntas," sambungnya.

Hacker-Bjorka-4.jpgHacker Bjorka saat tampil di media sosial dan membocorkan data pemerintah (FOTO: Edi Junaidi Ds/TIMES Indonesia)

Sementara itu, para petugas yang terdiri dari BIN, Polri hingga BSSN menyita berbagai barang bukti dari pemuda asal Madiun tersebut. Setidaknya total ada tiga barang bukti kuat yang dijadikan acuan penetapan tersangka. Muhammad Agung Hidayatullah melancarkan aksinya dengan motif ingin mendapatkan uang, dia bertugas membuat hacker bjorka tersebut viral dan menjual data orang lain.

"Kemudian timsus juga telah mengamankan beberapa barang bukti, yaitu satu buah SIM card seluler, kemudian dua unit handphone milik tersangka, kemudian satu lembar KTP atas nama inisial MAH," kata Ade Yaya.

Kasus hacker Bjorka

Nama hacker bjorka terkenal karena membocorkan dan menjual data pribadi masyarakat Indonesia secara bertubi-tubi dalam sebulan terakhir di Breached Forums. Sepanjang akhir pekan lalu (10-11 September 2022), Bjorka juga rajin menyebarluaskan data pribadi (doxing) yang diduga milik sejumlah pejabat publik Indonesia di grup telegram miliknya.

Kini, pemerintah bergerak membuat tim khusus untuk mengusut kebocoran data yang didalangi oleh Bjorka. Baru-baru ini, pemerintah juga mengeklaim pihaknya sudah berhasil mengidentifikasi identitas hacker Bjorka. Di sisi lain, aktivitas hacker Bjorka terpantau melandai selama pekan ini.

Pasca melakukan doxing sejumlah pejabat publik, Akun Twitter hacker Bjorka dengan hadle @bjorkanism tiba-tiba hilang. Akun Bjorka ditangguhkan (suspended) oleh Twitter pada hari ini, Minggu (11/9/2022) sekitar pukul 15.45 WIB. 

Sebelum akunnya menghilang, akun twitter Bjorka sempat mengunggah soal kasus pembunuhan Munir, juga mengomentari sejumlah pejabat dari Menkominfo Johny G. Plate, Puan Maharani, Erick Thohir, hingga akun Denny Siregar. Ketika itu, akun @bjorkanism sudah memiliki 200.000 pengikut (follower).

Setelah ditangguhkan, Bjorka hadir kembali di Twitter dengan membuat akun baru dengan handle @bjorxanism pada 12 September. Namun, tak lama, akun baru Bjorka kedua dengan sekitar 19.800 follower itu juga ditangguhkan lagi. (*)

Pewarta : Edy Junaedi Ds
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.