Gaya Hidup

Microsoft Segera Bangun Pusat Data di Indonesia

Jumat, 26 Februari 2021 - 14:01
100.23k
Microsoft Segera Bangun Pusat Data di Indonesia Ilustrasi. Microsoft akan membangun pusat data di Indonesia. (Foto: Gérard Julien/AFP/Getty Images)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMicrosoft akan membangun pusat data wilayah (data center region) pertama di Indonesia. Informasi pembangunan pusat data di Indonesia tersebut diumumkan secara resmi oleh Microsoft.

Menurut Executive Vice President and President, Microsoft Global Sales, Marketing and Operations, Jean-Philippe Courtois, rencana pembangunan pusat data ini merupakan langkah investasi paling signifikan yang pernah diambil Microsoft selama 26 tahun hadir di Indonesia.

"Dengan data center lokal, bisnis akan memiliki akses yang lebih cepat ke layanan cloud dan kemampuan untuk menyimpan data di Tanah Air," kata Courtois, Jumat (26/2/2021), dikutip dari kompas.com.

Upaya membangun pusat data tersebut disebut merupakan bagian dari inisiatif "Berdayakan Ekonomi Digital Indonesia" yang digalakkan oleh Microsoft.

Mengenai lokasi dan waktu pembangunannya, Microsoft masih belum menginformasikannya lebih lanjut. Namun, Microsoft menyebut bahwa pusat data di Indonesia ini akan menjadi bagian dari infrastruktur cloud global Microsoft (Microsoft Azure).

Hingga saat ini, Microsoft telah memiliki lebih dari 60 pusat data wilayah yang tersebar di beberapa negara.

Dengan tersedianya pusat data wilayah di Indonesia, kata Courtois, akan memungkinkan pelanggan di Indonesia memiliki akses yang lebih cepat ke layanan cloud Microsoft (Microsoft Azure), serta dapat menyimpan data di Tanah Air.

Menkominfo menyambut rencana Microsoft

Menteri Kominfo RI, Johnny G. Plate menyambut baik rencana Microsoft membangun pusat data pertama di Indonesia.

Menurut Menkominfo, pusat data di Indonesia ini akan menguntungkan pelaku bisnis lokal, pemerintah, dan individu di semua sektor.

“Sebagai penyedia solusi cloud, investasi Microsoft untuk membangun pusat data lokal, keterampilan digital, dan kolaborasi dengan Pemerintah Indonesia akan mendukung inovasi lokal, pemulihan ekonomi, dan transformasi digital," kata Johnny.

Pemain besar lokal sudah memanfaatkan Microsoft Azure

Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Haris Izmee mengungkapkan, sejumlah pemain besar lokal sudah memanfaatkan Microsoft Azure, di antaranya adalah Bukalapak, Pertamina, dan Kementerian Pertanian.

Dengan layanan Microsoft Azure, setiap orang, baik bisnis atau individu, dapat menggunakan layanan serta kemampuan cloud yang menjangkau komputasi, jaringan, database, analitik, kecerdasan buatan, dan internet untuk segala (Internet of Things/IoT).

Untuk diketahui, pada 2020, CEO Microsoft Satya Nadella bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo. Ia menyampaikan minat perusahaannya untuk membangun pusat data di Indonesia, dengan nilai investasi mencapai 1 miliar dollar AS.

Saat itu, Presiden RI Jokowi berujar bahwa Indonesia sedang menyiapkan regulasi untuk mengatur pembangunan pusat data di Indonesia.

Pemerintah melalui Kementerian Kominfo juga menyampaikan bahwa pihaknya akan segera menyiapkan Peraturan Menteri untuk mendukung rencana Microsoft membangun pusat data di Indonesia.(*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.