Gaya Hidup

Sarapan Itu Penting, Kalau Sering Melewatkannya Begini Dampaknya...

Kamis, 12 Agustus 2021 - 06:43
Sarapan Itu Penting, Kalau Sering Melewatkannya Begini Dampaknya... Ilustrasi sarapan sehat. (FOTO: Bogordaily.net)

TIMES BONTANG, JAKARTASarapan adalah waktu makan yang paling penting dalam sehari, dan jika sering melewatkannya, maka bisa berdampak besar pada kesehatan.

Pagi hari memang akan langsung menjadi sibuk bagi kebanyakan orang. Sehingga tidak jarang seseorang tidak mau repot-repot untuk sarapan yang layak.

Banyak yang hanya mengambil donat manis dan kopi untuk sarapan, kemudian pergi. Bahkan tak jarang banyak orang melewatkan sarapan pagi.

Namun, seperti ditulis di Scoop Empire, sebenarnya hal itu tidak mengubah fakta bahwa sarapan adalah waktu makan yang paling penting dalam sehari, karena jika  terus-terusan melewatkannya, bisa berdampak besar pada kesehatan Anda.

Jadi, meski sulit, sarapan pagi yang sehat adalah sebuah keharusan.

Tapi juga jangan kemudian sarapan dengan cara yang tidak sehat. Ada kiat-kiat tertentu yang bisa membantu sarapan dan memulai pagi Anda dengan cara yang sehat.

Pertama adalah mengetahui apa yang harus dimakan. Gambaran klasik selama ini adalah sarapan sereal dan olesan di atas roti panggang, tetapi kedua item ini sarat dengan gula.

Bahkan jika beberapa sereal sarapan diperkaya dengan vitamin dan mineral, semakin enak rasanya, semakin banyak gula, rasa buatan, dan pewarna yang dimilikinya.

Jadi, meskipun tidak melewatkan waktu makan, tetapi makan sarapan yang tidak sehat dan mudah, maka tidak diperoleh banyak nutrisi darinya. Faktor penting adalah mengetahui apa yang harus dimakan.

Sama seperti makanan lainnya, sarapan harus seimbang. Contoh bagus sarapan seimbang adalah sepasang roti panggang gandum utuh, dengan taburan ricotta dan beberapa buah beri, atau dengan alpukat dan dua hidangan tambahan yang cerah.

Makan makanan seimbang sebenarnya lebih mudah dari yang anda kira. Inilah poin yang harus diingat dalam menyiapkan sarapan. 

1. Sarapan Harus Mengandung Karbohidrat yang Sehat.

Karbohidrat sehat adalah karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu untuk memproses dan perlahan melepaskan gula ke dalam sistem kita, bukannya menyebabkan lonjakan insulin.

Lonjakan gula insulin akan meningkatkan kadar gula dan segera diikuti oleh benturan yang dapat membuat merasa lelah dan kehabisan energi. Saat Anda makan sereal manis, olesan sarapan, dan bahkan makanan panggang yang terbuat dari tepung olahan, anda akan bisa mendapatkan gula yang tinggi.

Pilihlah karbohidrat kompleks seperti roti gandum atau multigrain, sereal, pasta, atau nasi. Sereal gandum utuh adalah oat, barley, soba dan lainnya.

Karbohidrat yang ditemukan dalam gandum utuh, kaya akan serat yang penting untuk ditambahkan ke setiap makanan. Serat membuat anda merasa kenyang, membuat buang air besar tetap normal, dan membuat kita tetap sehat.

Banyak orang mengira tidak penting makan protein untuk sarapan tapi itu salah. Rata-rata orang sehat perlu makan 46-56 gram protein setiap hari. Memiliki protein saat sarapan membuat anda kenyang lebih lama, jadi pastikan untuk memasukkan telur, susu, yogurt, daging, atau alternatif nabati lainnya dalam makanan pagi Anda.

Cobalah untuk menambahkan buah-buahan dan sayuran untuk diet anda juga. Mereka menyediakan beberapa serat, vitamin, mineral, dan antioksidan.

2. Mempersiapkan ke Depan

Ya, makan sehat memang sesederhana itu, asalkan anda tetap mempersiapkan diri terlebih dahulu. Saat anda memiliki waktu luang, baik di malam hari atau di akhir pekan, siapkan sarapan anda. Berikut tipsnya :

Potong sayuran dan buah-buahan, simpan di freezer dalam kantong ziplock yang dirancang untuk setiap hari. Untuk sayuran, Anda juga bisa memasak dan membekukannya.

Beli buah atau sayuran beku. Buah-buahan beku, sayuran hijau, dan bahan-bahan bergizi lainnya membuat smoothie sarapan yang luar biasa.

Anda juga bisa menggunakan buah dan sayuran kalengan, tetapi tidak lebih dari beberapa kali per bulan.

Anda bisa menyiapkan oat semalaman, untuk dipanaskan kembali atau dimakan seperti di pagi hari. Pertimbangkan untuk menambahkan buah-buahan, kacang-kacangan, dan  lima campuran oatmeal ini ke dalam mangkuk oat anda.

Burrito juga bisa dibuat dan dibekukan. Hal yang sama berlaku untuk sandwich tetapi, pertimbangkan untuk membuat sandwich mengisi malam sebelumnya dan cukup tempelkan pada roti panggang anda di pagi hari.

Oleskan alpukat, selai kacang bebas gula, keju ricotta, hummus, atau keju yang belum diproses di atas roti gandum atau bagel.

3. Jangan Ragu Soal Sisa

Jika masih ada sisa, jangan dibuang, gunakan untuk membuat sarapan keesokan harinya. Anda juga bisa menyiapkan makanan dalam jumlah yang lebih besar, untuk digunakan  sarapan. Sisa protein bisa dimasukkan dengan baik ke dalam sarapan.

Misalnya, jika anda telah memanggang ayam untuk makan malam pada malam sebelumnya, keesokan harinya, anda bisa memanaskan kembali ayam itu dan  memotongnya menjadi potongan-potongan dan membuat roti gulung tortilla untuk sarapan.

Apa pun yang Anda buat untuk makan malam bisa disajikan sebagai sarapan. Anda bisa makan sisa atau dengan sedikit twist membuatnya menjadi sesuatu yang lain. Yang harus Anda lakukan adalah berkreasi dengan makanan Anda.

4. Jangan Minum Kafein saat Sarapan

Kami memahami bahwa akan merasa kurang lengkap tanpa secangkir kopi di pagi hari. Cappuccino, vanilla latte, americano, matcha, earl grey, memang akan memberi sensasi yang tepat dan membantu Anda menjalani hari.

Bukan berarti anda tidak boleh mengonsumsi kafein sama sekali, hanya saja menahan diri untuk tidak mengonsumsinya saat sarapan. 

Mengkonsumsi kafein dengan sarapan bergizi akan membuat tubuh tidak bisa menyerap semua vitamin dan mineral tersebut. Kafein (dan itu termasuk cokelat) menghambat penyerapan mineral penting seperti kalsium dan zat besi.

Cobalah untuk memberi jeda setidaknya 2-4 jam antara waktu makan pagi dengan asupan kafein. Melanggar kebiasaan buruk ini bukan tidak mungkin dan anda dapat melakukannya dengan mengadopsi pilihan baru dan lebih sehat.

Jadi, jika Anda sarapan pada pukul delapan pagi, tunggulah setidaknya sampai pukul sebelas siang baru minum kopi. Dengan cara ini anda mengambil kafein anda dengan benar dan juga, mendapatkan hasil maksimal dari minuman kafein

5. Bila Tak Ada Nafsu Sarapan, Cobalah Sesuatu yang Baru

Beberapa orang mengatakan tidak suka  karena tidak nafsu makan di pagi hari. Jika Anda merasa makanan sarapan biasa tidak menggugah selera, cobalah menu sarapan dari seluruh dunia.

Anda akan terkejut menemukan bahwa orang-orang di seluruh dunia benar-benar makan sarapan yang lebih sehat. Di negara-negara seperti Jepang dan Korea, orang-orang sangat mementingkan sarapan. Mereka cenderung makan nasi dengan berbagai lauk yang sehat dan bergizi. Anda juga bisa mencoba mie sarapan yang lezat seperti masakan Cina dan Taiwan.

Makan sarapan ala Asia Selatan dengan roti pipih chapati dan kari. Masakan sarapan ala Arab juga bisa menghadirkan variasi sesuai selera Anda. Ada begitu banyak makanan sarapan yang mudah di seluruh dunia, cobalah sesuatu yang baru untuk membuatnya tetap menarik.

Intinya makan sarapan yang sehat adalah tentang usaha. Buatlah mudah untuk diri sendiri dan persiapkan sebelumnya. Lewati kafein dan makanan manis saat sarapan dan pilih kebiasaan yang lebih sehat. Cobalah resep baru yang mudah dan mulailah hari Anda dengan makanan bergizi. (*) 

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.