Ekonomi

Presiden RI Jokowi: Sembilan Bendungan Bakal Rampung di Akhir 2022

Minggu, 28 Agustus 2022 - 19:12
Presiden RI Jokowi: Sembilan Bendungan Bakal Rampung di Akhir 2022 Presiden RI Jokowi (FOTO: Dok. Biro Pers Istana Kepresidenan)

TIMES BONTANG, JAKARTAPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) saat berpidato dalam kegiatan Musyawarah Rakyat (Musra) I Jawa Barat di Bandung, menyatakan ada sebanyak sembilan bendungan baru yang bakal rampung dibangun pada akhir 2022.

Kepala Negara mengemukakan, pada era kepemimpinannya hingga saat ini, sudah ada 29 bendungan yang telah dibangun, sehingga pada akhir 2022, Indonesia bakal memiliki 38 bendungan.

"Sampai hari ini telah kita bangun 29 bendungan, ini bendungan besar, plus sembilan nanti di akhir tahun ini," ucap Presiden di GOR Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (28/8/2022).

Menurut dia bendungan-bendungan yang dibangun itu telah terasa dampaknya bagi sektor pertanian, khususnya produksi padi. Aliran dari bendungan itu disebut telah membuat produksi panen padi meningkat hingga dua kali lipat.

"Orang tidak merasakan, tapi hadirnya bendungan itu membuahkan hasil bahwa kita sudah swasembada beras sejak tahun 2019," jelasnya.

Di samping itu, ujar dia, jalan akses masyarakat di desa-desa pun kini sudah lebih baik dibandingkan sebelumnya, dampak dari dana sebesar Rp468 triliun yang sudah digelontorkan pemerintah untuk pembangunan desa. "Sehingga sudah terbangun 227 ribu kilometer jalan produksi di desa-desa," jelas Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden mengingatkan saat ini dunia telah dilanda krisis pangan dan krisis energi. Berdasarkan lembaga internasional, menurutnya ada 66 negara yang diprediksi ambruk ekonominya akibat krisis-krisis tersebut.

"Oleh sebab itu, saya senang hadir di sini juga para petani, yang menyebabkan tiga minggu lalu kita mendapat sertifikat dari International Rice Research yang menyatakan sistem ketahanan pangan Indonesia pangan sangat baik," demikian Presiden RI Jokowi. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.