Ekonomi

Forum CSR Kota Malang: Butuh Semangat Gotong Royong untuk Bangkitkan Ekonomi

Kamis, 10 Desember 2020 - 22:52
Forum CSR Kota Malang: Butuh Semangat Gotong Royong untuk Bangkitkan Ekonomi Peserta Musrenbang Forum CSR Kota Malang di Hotel Sahid Montana, Malang, Kamis (10/12/2020).

TIMES BONTANG, MALANG – Pandemi Covid-19 berdampak pada multi dimensi. Butuh semangat gotong royong atau kolaborasi antar multistakehoders, yakni akademisi, pengusaha, masyarakat dan pemerintah, sehingga konsep triple bottom line untuk tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) mampu meningkatkan keuntungan perusahaan. Dan juga menyejahterakan masyarakat, serta memperbaiki lingkungan.

Pandangan itu mengemuka dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Forum CSR Kota Malang yang digelar oleh Bappeda Kota Malang di Hotel Sahid Montana, Malang, Kamis (10/12/2020).

Hadir dalam musrenbang tersebut perwakilan BUMN, BUMD, BUMS baik perusahaan, perbankan, pusat perbelanjaan, hotel resto serta perguruan tinggi. Mereka hadir untuk mengumpulkan gagasan baru pada Forum Musrenbang CSR (Tanggungjawab Sosial Perusahaan).

Kepala Bappeda Kota Malang, Dwi Rahayu, mengatakan forum ini dalam rangka membangkitkan ekonomi dan membangun kota Malang tidak hanya di tanggung sendiri oleh Pemkot Malang.

“Banyak usulan masyarakat yang kreatif dan menarik untuk ditindak lanjuti melalui CSR," kata Dwi Rahayu.

Hal ini, kata Dwi mengingat APBD Kota Malang terbatas masih fokus pada penanganan Covid-19. "Maka, Forum CSR Kota Malang perlu mengkoordinasikan CSR dengan menyeleksi dan memverifikasi usulan program yang tertuang dalam Musrenbang," imbuhnya.

Merujuk mandat Undang-Undang No 40 Tahun 2007 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, maka perusahaan wajib melaksanakan program CSR. 

Wakil Ketua 1 Forum CSR Kota Malang dari unsur BUMS, Isa Wahyudi mengatakan forum ini nantinya menyeleksi dan memverifikasi usulan Musrenbang dan menawarkan kepada perusahaan mana yang cocok dengan program CSR perusahaan. 

“CSR itu harus punya sisi promotif bagi perusahaan, transparan, akuntabel dalam pelaksanaan, berdampak dan berkelanjutan bagi keberlangsungan lingkungan," ujar Isa Wahyudi yang akrab disapa Ki Demang.

Sementara itu, Wakil Ketua 2 dari unsur perguruan tinggi, Sunardi menyampaikan bahwa program-program yang terpilah melalui Forum CSR kota Malang lebih mengarah kepada dukungan utilitas sarana prasarana, kegiatan pemberdayaan masyarakat serta penguatan ekonomi yang akan di sesuaikan dengan visi Misi yang tertuang dalam RPJMD Kota Malang.

"Terlebih CSR akan dikaitkan dengan perguruan tinggi terhadap program-program yang kreatif dan inovatif," katanya. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.