Ekonomi

Kaya Keragaman Budaya, Mendag Optimistis Indonesia Jadi Kiblat Fesyen Muslim Dunia

Selasa, 23 Agustus 2022 - 20:23
Kaya Keragaman Budaya, Mendag Optimistis Indonesia Jadi Kiblat Fesyen Muslim Dunia Mendag RI Zulkifli Hasan (FOTO: Liputan6)

TIMES BONTANG, JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan optimistis Indonesia bisa menjadi kiblat fesyen muslim dunia dengan potensi keragaman budaya, kearifan lokal, serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki.

Demikian disampaikan Zulhas, sapaan akrabnya pada Road to Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023, Selasa, secara daring yang dipantau dari Jakarta, Selasa (23/8/2022).

"Beragam kain tradisional Indonesia dengan nilai filosofis menjadi sumber kreativitas bagi para desainer dan pelaku usaha fesyen muslim Indonesia yang tidak dimiliki negara lain. Inilah yang menjadi kunci untuk mewujudkan Indonesia sebagai sebagai kiblat fesyen muslim dunia di tahun 2024,” ucapnya.

Kata dia, potensi pasar fesyen muslim dan modest fashion sangat besar dan kiprah Indonesia harus lebih besar lagi, mengingat populasi muslim dunia setara 25 persen total populasi dunia. 

Bahkan pada 2060 diprediksi meningkat menjadi 30 persen populasi global. Selain itu daya beli produk modest fashion meningkat 6,1 persen dalam empat tahun terakhir.

Selain itu Mendag juga berdialog dengan para desainer mengenai perkembangan industri fesyen muslim Indonesia, pengembangan kompetensi desainer dan pelaku usaha fesyen muslim Indonesia, serta dukungan dan peran Kementerian Perdagangan (Kemendag) guna mewujudkan Indonesia sebagai pusat fesyen muslim dunia melalui JMFW 2023.

"Pasar dalam negeri itu penting, tapi ini saatnya untuk go global. Kementerian Perdagangan siap mendukung penuh upaya untuk menjadikan Indonesia sebagai kiblat muslim dunia,” ujar Zulhas.

Karena itu, Mendag mengajak para pemangku kepentingan terkait untuk bersinergi menyukseskan JMFW. 

JMFW merupakan platform yang dibentuk Kemendag melalui Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Rangkaian Road to JMFW 2023 telah dimulai sejak April hingga September 2022 melalui berbagai kegiatan. Puncak penyelenggaraan JMFW tahun ini akan dilaksanakan pada 20-22 Oktober 2022 bersamaan dengan perhelatan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 Tahun 2022  di ICE BSD, Tangerang, Banten.

Mendag Zulkifli Hasan turut hadir pada JMFW 2023 secara virtual. Dalam pemaparannya, ia optimistis Indonesia bisa menjadi kiblat fesyen muslim dunia dengan potensi keragaman budaya, kearifan lokal, serta SDM yang dimiliki. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.