Berita

Lomba Bertutur Kota Bontang Selesai, Dewan Juri Akui Kualitas Peserta Lebih Baik

Rabu, 07 April 2021 - 23:34
1.13k
Lomba Bertutur Kota Bontang Selesai, Dewan Juri Akui Kualitas Peserta Lebih Baik Ketua Dewan Juri, Wahyono Untung Raharjo bersama 4 orang Dewan Juri (FOTO: Kusnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANGLomba Bertutur Kota Bontang bagi Siswa SD dan MI yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Bontang telah berakhir, Rabu, (7/4/2021). 

Pada hari kedua lomba, sebanyak 15 peserta menampilkan kepiawaiannya menuturkan dongeng yang telah dipilih saat mendaftar. Hal itu sekaligus menuntaskan tugas 31 peserta dalam ajang yang digelar dengan protokol kesehatan ketat itu.

Kualitas peserta yang semakin membaik dalam bercerita. Membuat ketatnya persaingan setiap peserta dalam mengambil hati 5 orang dewan juri. 

Hal itu diakui Ketua Dewan Juri, Wahyono Untung Raharjo. Ia mengatakan jika dalam memberikan penilaian pihaknya sempat menggelar diskusi yang cukup ketat.

Usman.jpgKabid Perpustakaan, Usman (FOTO: Kusnadi/TIMES Indonesia)

Pasalnya selain adanya peningkatan kuantitas peserta, peserta juga lebih baik secara kualitas. "Secara kuantitas maju dan secara kualitas maju. Kami tadi juga agak kebingungan karena talenta anak anak itu luar biasa," ujarnya

Pria yang malang melintang di dunia seni nasional ini menilai kemajuan ini tak terlepas atas kesadaran dan pengetahuan guru pendamping dalam memahami hal yang diperhatikan dalam bertutur.

"Lomba bertutur ini seni panggung, kalau di panggung itu mesti dikasi nyawa mesti di isi, bagaimana menghidupkan kata dan gestur tubuh juga ekspresi, anak anak sudah mengerti ini," ungkapnya

Sementara itu, Kepala Bidang Perpustakaan DPK Bontang,Usman mengapresiasi peran guru pendamping dalam membina siswa untuk ikut lomba. Hal ini menurut Usman menjadi tantangan berat, pasalnya sekolah hingga kini belum melakukan belajar tatap muka.

Penampilan-salah-satu-peserta.jpgPenampilan salah satu peserta di hari kedua (FOTO: Kusnadi/TIMES Indonesia)

"Terus terang saya salut kepada anak anak penampilan jauh lebih baik dan bersemangat, terutama kepada dewan guru ini guru guru yang membina alhamdulillah hasilnya luar biasa," ucapnya.

Pria yang murah senyum ini pun berharap, hasil yang diraih sebagai bagian ikhtiar bersama untuk mengharumkan nama Kota Taman di tingkat provinsi hingga ke tingkat nasional. Ia memohon dukungan semua pihak.

"Mudahan apa yang sudah kita pilih merupakan perwakilan terbaik dalam tingkat provinsi," harapnya.

Kedepannya lanjut Usman, pihaknya akan meningkatkan peran Perpustakaan dalam program literasi melalui lomba bertutur. Ia akan memaksimalkan upaya edukasi sebelum lomba bertutur digelar.

"Seperti ada seminar virtual tips bagaimana cara mendongeng bersama pendongeng nasional," ucap Kepala Bidang Perpustakaan DPK Bontang.

Selanjutnya Kamis besok akan dilakukan penyerahan hadiah kepada 8 orang pemenang Lomba Bertutur. Kegiatan digelar di Perpustakaan Kota Bontang. (*)

Pewarta : Kusnadi
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.