Berita

Kembangkan Keanekaragaman Hayati, PT KPI Terima Penghargaan IGA 2021

Rabu, 07 April 2021 - 23:24
1.31k
Kembangkan Keanekaragaman Hayati, PT KPI Terima Penghargaan IGA 2021 General Affairs Manager, Muh Nasrudin Menerima penghargaan IGA 2021 Rabu, 07/04/2021 (Foto: Nasrudin For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANG – PT Kaltim Parna Industri (PT KPI) menerima penghargaan anugerah Indonesia Green Awards (IGA 2021) di Hotel Indonesia Kempinski. Penghargaan tersebut diterima oleh General Affairs Manager, Muh Nasrudin, Rabu (07/04/2021).

Penghargaan IGA 2021 diberikan sebagai apresiasi kepada perusahaan amoniak itu dalam upayanya mengembangkan Keanekaragaman Hayati di Hutan Kota Wana Khatulistiwa, Kelurahan Bontang Lestari Kota Bontang, Provinsi Kaltim.

Pengelolaan Hutan Kota Wana Katulistiwa oleh KPI, sebagai ikhtiar untuk menangani keseimbangan ekosistem lingkungan dan mencegah terjadinya erosi atau abrasi pada wilayah pesisir.

Hutan yang dikelola sejak tahun 2012 itu, dibuat untuk menambah Ruang Terbuka Hijau dikawasan pusat pemerintahan Kota Bontang. Dan juga memberikan dampak positif lainnya yakni mampu menjaga stabilitas iklim dan keseimbangan ekosistem.

Selain itu dapat memberikan manfaat sebagai resapan air dan keserasian lingkungan fisik kota. Tak jarang pula digunakan sebagai media pendidikan, penelitian dan wisata alam.

"Hutan itu telah kami kelola sejak tahun 2012. Pembangunan hutan kota diharapkan dapat berguna sesuai fungsinya, hutan dapat memperbaiki dan menjaga iklim mikro," ungkap General Affairs Manager, Muh Nasrudin.

IGA-2021-2.jpgPenghargaan IGA 2021 (Foto: Nasrudin For TIMES Indonesia)

Lanjut dikatakan, Hutan seluas 5 Hektar tersebut juga melibatkan stakeholder dalam perencanaan dan pelaksanaannya. Berkat kerjasama Taman Nasional Kutai (TNK) dan Pemerintah Kota Bontang yang kesempatan memberikan kontribusi dalam melestarikan lingkungan dapat berjalan dengan baik hingga kini.

"Di sana kami lakukan keanekaragaman hayati yaitu dengan menanam pohon endimik asli Kalimantan," katanya.

Mengacu pada UU Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Peraturan Menteri LH Nomor 3 Tahun 2012 tentang Taman Keanekaragaman Hayati.

Kemudian dengan ditanda tangani MOU nomor : 184/KPI-KIM/XI/2012 dan Nomor: 012/KPI/AGM/XI/2018 antara Walikota Bontang dengan PT Kaltim Parna Industri, Tentang Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di Lokasi Bontang Lestari. 

Semakin memperkuat komitmen perusahaan yang didirikan tahun 1995 itu untuk terus bergerak dalam melestarikan lingkungan dengan memperbanyak menanam pohon.

"Semoga IGA ini dapat memotivasi pelaku usaha untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui program-program CSR yang menginsipirasi dalam menjaga dan melestarikan lingkungan," harap General Affairs Manager, Muh Nasrudin.

Diketahui, penghargaan IGA 2021 diberikan kepada PT KPI atas kesepakatan penilaian Juri independen yang terdiri dari, Bapak La Tofi, Chairman The La Tofi School of CSR sebagai Ketua Tim Penilai Indonesia Green Awards; Bapak Prof Ibnu Hamad, Guru Besar Komunikasi Universitas Indonesia dan Bapak Hizbullah Arief, Direktur Green Advokasi Network (Hijauku.com).  (*) 

Pewarta : Kusnadi
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.