Berita

Lewat IndOz Conference 2021, Indonesia-Australia Perkuat Kemitraan Strategis

Senin, 20 September 2021 - 09:16
Lewat IndOz Conference 2021, Indonesia-Australia Perkuat Kemitraan Strategis IndOz Conference 2021 digelar Synergy of Indonesia Australia dalam rangkaian acara IndOz Festival 2021 (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

TIMES BONTANG, AUSTRALIA – Masih dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia dan acara IndOz Festival 2021, Synergy of Indonesia Australia menggelar acara IndOz Conference 2021.

Acara ini  merupakan konferensi bisnis hybrid pertama yang mengedepankan hubungan bilateral Indonesia dan Australia. IndOz Conference 2021 ini juga merupakan acara terbesar sejak Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) diresmikan di tahun 2020. 

"Acara ini dilangsungkan secara hybrid, jadipembicara dan peserta dari bagian negara Australia yang lainnya dan dari Indonesia juga dapatmengikuti konferensi kami. Total peserta kami sekitar 250 orang, dan semua yang menghadiri tentunya sangat tertarik dengan kesempatan perdagangan dan investasi antara Indonesia dan Australia," ujar Sheila Hie, Direktur IndOz Conference 2021. 

Indoz 02

Lebih tepatnya, konferensi ini dihadiri oleh 123 peserta secara langsung dan 85 peserta virtual dari Indonesia dan kota-kota lain di Australia. Konferensiinibertemakan 'IA-CEPA: Dari tetangga baik menuju partner strategis' yang diliput dalam lima sesi melalui diskusi panel dan pembicara-pembicara ahli dari bisnis-bisnis ternama di Indonesia dan Australia.

Sesi-sesi ini mencakup berbagai topik seperti penerobosan rintangan perdagangan, menelusuri potensi bisnis yang belum tersentuh, mendefinisikan, mencari, dan berkolaborasi dengan partner yang cocok, dan bagaimana memaksimalkan keuntungan investasi melalui pembangunan kapasitas. 

Beberapa pembicara ternama di konferensi ini termasuk Ari Satria, Sekretaris Direktur Jendral Perundingan Perdagangan Internasional dari KementerianPerdagangan RI, Nurul Ichwan, Wakil Ketua Perencanaan Modal dari Kementerian Investasi, dan Steven Wijaya, Kepala Strategi dari Polygon Group. 

Indoz 03

Konferensi ini juga sangat didukung oleh perwakilan pemerintah Indonesia dan Australia, seperti Dan Tehan, Menteri Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi Australia dan Y. Kristiarto S. Legowo, Duta Besar Republik Indonesia untuk Australia.

Acara tidak berakhir ketika konferensi usai. Ruang konferensi pun disulap bak ballroom untuk dijadikan tempat acara tahunan IndOz Festival Networking Dinner, di mana 157 orang hadir untuk menjalin hubungan bisnis mereka sambil menikmati menu klasik Indonesia yang disajikan dengan gaya fusion. Para tamu juga dihibur tari tradisional, angklung, batik fashion show dan penyanyil ive.

Rasanya sulit untuk menahan tangis rindu ketika sang penyanyi membawakan lagu Tanah Airku sembari diiringi dengan biola. IndOz Conference dan IndOz Festival Networking Night ini merupakan ajang bagi penduduk Indonesia yang bermukim di Australia, terutama Brisbane, untuk dapat berkumpul dan mengobati rindu akan Indonesia.

Indoz 04

Acara ini merupakan hasil kerjakeras dan kerjasama Synergy of Indonesia Australia denganKedutaan Besar Republik Indonesia Canberra, Konsulat Jenderal Republik Indonesia Sydney, IDN Australia Queensland, Indonesia Trading House Australia (ITHA), Australia Indonesia Business Council, Junior Chamber of Commerce Brisbane, The Australia-Indonesia Centre, Indonesia Professionals Association Australia (IPA AU), Chamber of Commerce & Industry Queensland (CCIQ), dan Australia Indonesia Youth Association (AIYA). 

Acara ini mendapat banyak dukungan dari berbagai sponsor, antara lain Kementerian Perdagangan RI, Kementerian Investasi RI, University of Queensland, Central Queensland University, Polygon, Queensland Cotton, IA-CEPA ECP Katalis, Austrex, Griffith University, Mach Energy, Adaro, Sony Trading, KapalApi, 2Tang, Ernst & Young, House Estate Agents, dan Australian Trade and Investment Commission. 

Kesuksesan IndOz Conference 2021 ini dapat dilihat dari komentar pihak-pihak yang terlibat. "IndOz Conference merupakan sebuah ajang strategis untuk mengeksplorasi iklim dan peluang di ranah investasi Indonesia. Kami berharap untuk ke depannya, acara ini akan selalu menjadi diskusi yang produktif dan menjadi panggung inovasi yang dapat memperkuat hubungan bilateral Indonesia dan Australia, dari tetangga menjadi partner," kata Henry Rombe, Kepala Indonesia Investment Promotion Centre. 

Indoz 05

Sedangkan Paul Bartlett, Direktur IA-CEPA ECP Katalis, menyatakan, "Katalis sepenuhnya mendukung inisiatif apapun yang akan mendekatkan bisnis-bisnis Indonesia dan Australia, seperti IndOz Conference. Pemulihan ekonomi pasca-pandemi merupakan waktu yang tepat bagi para pemangku kepentingan dari kedua negara untuk bekerjasama lebih dekat."

Apa langkah selanjutnya setelah suksesnya IndOz Conference 2021 ini? "IndOzConference 2021 diselenggarakan untuk melanjutkan kesuksesan IndOz Festival sejak tahun 2013. Sayangnya, kami tidak dapat menyelenggarakan Festival seperti biasanya tahun ini karena pandemi COVID-19. Namun, melihat suksesnya konferensi ini, kami tidak sabar untuk menyelenggarakan IndOz Festival, Conference dan Networking Dinner tahun depan – ini akan menjadi ajang yang sangat besar, jadi bersiaplah!" ujar David Widjaja, penasihat IndOz Conference 2021.  (*)

Pewarta : Ratu Bunga Ambar Pratiwi (MG-345)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.