Berita

Pesawat Penjalajah Mars Mengirimkan Rekaman Suara Desiran Angin

Kamis, 25 Februari 2021 - 11:02
106.88k
Pesawat Penjalajah Mars Mengirimkan Rekaman Suara Desiran Angin Kawah Jezero menceritakan kisah tentang masa lalu Mars yang basah. (FOTO: NASA/JPL-Caltech /USGS)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA merilis rekaman audio pertama dari pesawat penjelajah Perseverance saat berada di permukaan Planet Mars, yakni berupa desiran angin meski samar. Rekaman ini berdurasi 60 detik.

Dilansir CNN, mikrofon semula tidak berfungsi selama penjelajah itu turun ke permukaan. Tetapi kemudian bisa menangkap audio setelah mendarat di Mars.

Laman NASA juga menyajikan informasi bahwa video baru dari NASA's Mars 2020 Perseverance rover mencatat tonggak sejarah utama selama menit-menit terakhir turun dan mendarat (EDL) di permukaan Planet Merah pada 18 Februari 2021 lalu.

Mikrofon yang terpasang pada pesawat penjelajah semula tidak mengumpulkan data selama proses pendaratan, tetapi perangkat komersial siap pakai bertahan dan memperoleh suara dari Kawah Jezero pada 20 Februari 2021.

Sekitar 10 detik memasuki detik 60- rekaman kedua, desiran angin sepoi-sepoi Mars terdengar. Begitu pula suara mekanis penjelajah yang beroperasi di permukaan. (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.