Berita

Inilah Cara Membuat dan Perpanjang SIM Melalui Aplikasi SINAR Korlantas Polri

Senin, 16 Mei 2022 - 15:44
Inilah Cara Membuat dan Perpanjang SIM Melalui Aplikasi SINAR Korlantas Polri Aplikasi Digital Korlantas Polri. (FOTO: dok. Polri)

TIMES BONTANG, JAKARTA – Seiring berkembangnya zaman, masyarakat tidak perlu lagi ribet untuk mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kantor Polisi. Korlantas Porli telah menyediakan proses pengurusan SIM baik membuat baru maupun perpanjangan secara digital melalui aplikasi SINAR (SIM Nasional Presisi).

"Melalui sistem ini, pemohon tidak perlu mengantre dan SIM bisa langsung dikirim ke rumah masing-masing," tulis Polri dalam keterangan tertulisnya pada Senin (16/5/2022).

Cara daftar SIM online ini, dapat diakses dengan terlebih dahulu mendownload aplikasi Digital Korlantas Polri yang dirilis Korlantas Polri dan tersedia di AppStore untuk pengguna iOS dan PlayStore untuk pengguna Android.

Aplikasi-Digital-Korlantas-Polri-2.jpg

Nantinya, pengguna cukup menuntaskan semua langkah-langkah registrasi online di layanan SINAR yang terdapat pada aplikasi Digital Korlantas Polri, lalu memilih jadwal untuk melaksanakan tes praktik.

Berikut langkah-langkah membuat SIM Baru dengan layanan SINAR, berdasarkan digitalkorlantas.id:

  1. Download aplikasi Digital Korlantas Polri dan lakukan verifikasi data. Jangan lupa siapkan dokumen yang dibutuhkan.
  2. Klik menu layanan SIM (SINAR), lalu pilih pendaftaran SIM. Ikuti petunjuk pengisian data yang dibutuhkan dan lakukan pembayaran pendaftaran SIM.
  3. Lakukan ujian teori. Jika lulus, pilih tanggal untuk melakukan ujian praktik di SATPAS yang sudah dipilih.
  4. Selanjutnya, SIM dapat diambil setelah lulus ujian praktik.

Aplikasi-Digital-Korlantas-Polri-3.jpg

Selain membuat SIM Baru, berikut juga terdapat langkah-langkah untuk melakukan perpanjangan, bagi yang sudah akan habis masa berlakunya:

  1. Download aplikasi Digital Korlantas Polri dan lakukan verifikasi data. Jangan lupa siapkan dokumen yang dibutuhkan.
  2. Klik menu layanan SIM (SINAR), lalu pilih perpanjangan SIM dan ikuti petunjuk pengisian data yang dibutuhkan serta lakukan pembayaran perpanjangannya.
  3. Selanjutnya, SATPAS akan melakukan verifikasi data dan dokumen. Jika data dan dokumen yang dibutuhkan lengkap dan benar, SIM akan segera dicetak.
  4. SIM siap dikirim atau siap diambil di SATPAS.

Cara mendaftar SIM online lewat aplikasi SINAR ini, sistemnya sudah sangat modern dan memudahkan. Sebab, syarat utama yang harus diikuti pemohon adalah, cukup dengan menyertakan e-KTP pada tahap registrasi di awal. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.