Berita

Indonesia Kembali Datangkan 5 Juta Vaksin Sinovac

Rabu, 22 September 2021 - 11:11
Indonesia Kembali Datangkan 5 Juta Vaksin Sinovac Vaksin Sinovac yang digunakan untuk pelajar di Surabaya (FOTO: Shinta Miranda/TIMES Indonesia)

TIMES BONTANG, JAKARTA – Indonesia kembali mendapatkan vaksin Covid-19. 5 Ribu vaksin buatan China ini tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (21/9/2021).

Total vaksin Coronavac yang sudah tiba di Indonesia bertambah 58.776.000 dosis. Kedua, vaksin tahap ke-72 berupa 200.000 dosis Sinopharm, yang merupakan hibah dari Red Cross of Society China melalui mekanisme bilateral. Dengan penambahan 5 juta vaksin ini, total vaksin yang sudah hadir di Tanah Air dalam bentuk bahan baku (bulk) dan vaksin siap pakai adalah sebanyak 262.350.400 dosis.

"Dengan kedatangan tahap ke-70 ini, maka vaksin Coronavac keluaran Sinovac yang sudah hadir di Indonesia berjumlah 53.776.000 dosis," ungkap Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi dalam keterangan resminya.

vaksin pelajar

Hal senada diungkapkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate yang mengatakan, Pemerintah masih akan terus mendatangkan vaksin Covid-19 dan segera melakukan distribusi lokasi di seluruh Indonesia. Pemerintah mengejar target pada akhir 2021 sebanyak 70 persen masyarakat Indonesia sudah divaksinasi.

"Pemerintah berupaya keras agar tidak terjadi kekosongan stok vaksin," tegas Plate melalui pernyataan tertulis.

Dalam upaya menyediakan vaksin Covid-19, Johnny G. Plate menegaskan, Pemerintah mengoptimalkan upaya diplomasi antar negara. Kerja sama yang dilakukan bersifat bilateral dan multilateral.

Kerja sama tidak hanya yang bersifat G to G (Government to Government), melainkan dengan berbagai lembaga.

"Kedatangan dua tahap vaksin hari ini (21/9) merupakan salah satu wujud keberhasilan upaya diplomasi Pemerintah Indonesia, yang akan terus ditingkatkan dan dioptimalkan. Ini menunjukkan stok vaksin aman," ujar Plate.

Menteri Jhony juga mendorong pemerintah daerah, terutama yang capaian vaksinasi COVID-19 masih rendah melakukan percepatan dan perluasan program vaksinasi.

Hingga 20 September 2021 pukul 18.00 WIB, baru 27,45 persen dari sasaran vaksinasi kelompok lansia yang sudah vaksin dosis pertama dan 19,25 persen yang sudah mendapatkan dosis lengkap. "Mari bersama kita dorong kelompok lansia untuk segera divaksin. Yakinkan, daftarkan dan antarkan mereka ke tempat vaksinasi terdekat," imbau Menkominfo. (*)

Pewarta : Shinta Miranda Sari (MG-242)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.