Berita

Lurah Berbas Tengah Kecamatan Bontang Selatan Imbau Warga Tak Buang Sampah di Median Jalan

Kamis, 23 Juni 2022 - 18:13
Lurah Berbas Tengah Kecamatan Bontang Selatan Imbau Warga Tak Buang Sampah di Median Jalan Jalan Sultan Hasanuddin salah satu jalan yang memiliki median diwilayah Kelurahan Berbas Tengah (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)

TIMES BONTANG, BONTANG – Penanganan sampah di wilayah kelurahan Berbas Tengah Kecamatan Bontang Selatan jadi perhatian khusus Lurah Chandra S.IP. Hal itu diungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (23/6/2022).

Pria tamatan STPDN ini berharap ada kesepahaman semua pihak untuk menjaga keasrian lingkungan khususnya kebersihan sepanjang median jalan wilayahnya. "Sampah yang ada di median jalan mengganggu pemandangan, kami imbau untuk di rubah," ujarnya.

Perilaku ini tambahnya, tidak melulu disalahkan. Pasalnya ini telah berjalan jauh hari sebelumnya, mengingat lokasi jalan saat ini merupakan jalur utama maka tong sampah atau tempat sampah di pinggir jalan ditiadakan.

Pun suasana keindahan itu diperlukan di wilayahnya. Pasalnya selain sebagai penyangga daerah yang telah meraih Adipura, wilayahnya juga merupakan salah satu sentra Umkm di Kota Bontang. 

Untuk itu ia berharap agar setiap warga dapat langsung membuang sampah pada Tempat pembuangan sampah (TPS) yang kini disiapkan di jalan WR Supratman oleh Dinas LH. "TPS di depan Aini Rasyifa saat ini sudah ditambah kontainer sampah, jadi kapasitasnya bisa menampung 3 kelurahan,"ungkapnya.

Lurah-Berbas-Tengah.jpgLurah Berbas Tengah, Chandra S.IP saat ditemui diruang kerjanya (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)

Apa yang di inginkan Lurah yang hobi bulutangkis ini bukan tanpa solusi. Ia membeberkan jika pembentukan Kelompok swadaya masyarakat (KSM) akan membantu kesulitan warga yang tinggal di dalam gang. Sedangkan operasionalnya bisa dari iuran warga.

"Ada geliat RT buat KSM untuk pengelolaan sampah, nanti tugasnya dikumpulkan saja baru buang di TPS sampah depan Aini Rasyifa," bebernya.

Untuk jangka pendek guna mencegah hal itu, pihaknya akan lakukan patroli disekitar median jalan. Bekerjasama dengan toko yang ada tak luput dari upayanya untuk meminta menegur warga yang buang sampah di median jalan. 

"Kami meminta bantuan toko untuk berani menegur warga yang membuang sampah di median jalan," tutup Lurah Berbas Tengah Kecamatan Bontang Selatan.

Senada, Camat Bontang selatan, Kamsal menyambut baik imbauan warga agar tidak membuang sampah di median jalan. Ia berharap masyarakat dapat menyesuaikan jadwal angkut sampah. Meski dibuang di median dirinya berharap masyarakat disiplin membuangnya tepat waktu. 

"Lebih baik buang di TPS depan Aini  Rasyifa, tapi pihak kelurahan menyiapkan juga kendaraan roda tiga juga untuk angkut sampah yang tidak sempat terbawa oleh kendaraan Dinas Lingkungan hidup," ucap Kamsal, Camat Bontang Selatan. (d)

Pewarta : Kusnadi
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.