Berita

Gencarkan Kelas Bahasa Indonesia, KJRI Sydney Dorong Peran Diaspora

Jumat, 26 Februari 2021 - 14:46
96.75k
Gencarkan Kelas Bahasa Indonesia, KJRI Sydney Dorong Peran Diaspora Konsul Jenderal RI Heru Hartanto Subolo menghadiri pembukaan program Kelas Bahasa Indonesia di Baringa Community Center, Sunshine Coast Australia. (Foto: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, AUSTRALIAKJRI Sydney terus mendorong kelas Bahasa Indonesia di sekolah-sekolah Australia. Yang terbaru, pembukaan program Kelas Bahasa Indonesia dilakukan di Baringa Community Center, Sunshine Coast pada Senin (22/2/2021).

"Kami menyambut baik inisiatif dari ASUMSI untuk membuka kelas Bahasa Indonesia di Sunshine Coast, serta mendorong agar pendekatan bottom up seperti ini dapat pula dilaksanakan oleh komunitas masyarakat dan diaspora Indonesia di wilayah lainnya di Australia," pesan Konsul Jenderal RI untuk New South Wales, Queensland, dan South Australia, Heru Hartanto Subolo dalam sambutannya.

Konjen Heru Subolo menegaskan dukungan Pemerintah Indonesia melalui KJRI Sydney dan KBRI Canberra terhadap keberlangsungan program kelas Bahasa Indonesia.

Konsul Jenderal RI Heru Hartanto Subolo a

Acara pembukaan program kelas Bahasa Indonesia juga dihadiri oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Canberra, beberapa pejabat dewan kota Sunshine Coast, dan tokoh masyarakat setempat. Acara berjalan secara meriah dengan menampilkan tarian daerah Indonesia dan menghidangkan kuliner khas Indonesia.

Program Kelas Bahasa Indonesia oleh ASUMSI ditujukan bagi warga Australia usia 18 tahun ke atas yang difokuskan pada pembelajaran kemampuan percakapan dasar. Program tersebut tak mengenakan biaya bagi peserta dan akan dibuka sebanyak 3 (tiga) sesi setahun yang tiap sesinya akan berjalan selama 10 minggu.

Dari publikasi program melalui media sosial dan media cetak setempat, ASUMSI berhasil menghimpun 39 pesertadari target 35 peserta. Hal ini menandakan bahwa program kelas Bahasa Indonesia tersebut mendapatkan tanggapan positif dari warga Australia setempat.

Konsul Jenderal RI Heru Hartanto Subolo b

Acara pembukaan yang digelar KJRI Sydney ini dilanjutkan kelas perdana yang diikuti secara antusias oleh  peserta. Pengajar Bahasa Indonesia yang terlibat merupakan relawan masyarakat dan diaspora Indonesia di Sunshine Coast yang memiliki semangat menumbuhkan kembali minat belajar Bahasa Indonesia bagi publik Australia. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.