Berita

Pembangunan Butuh Keberlanjutan, Prabowo-Puan Bisa Jadi Pasangan Idel Bagi Jokowi

Senin, 16 Mei 2022 - 16:20
Pembangunan Butuh Keberlanjutan, Prabowo-Puan Bisa Jadi Pasangan Idel Bagi Jokowi Pengamat Politik dari Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo. (FOTO: dok Media Center DPR)

TIMES BONTANG, JAKARTA – Pengamat Politik dari Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo berpendapat Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mendukung pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2024 yang memiliki komitmen melanjutkan sejumlah program pembangunan pada pemerintahannya.

Pertimbangan itu akan dilakukan Presiden RI Jokowi sebagai upaya agar tidak ada pekerjaan di eranya yang mangkrak alias tidak selesai. Hal itu sekaligus berkaca pada jalannya pemerintahan sebelumnya.

"Saya duga pak Jokowi akan berfikir ke sana, agar presiden dan wakil presiden mendatang dapat melanjutkan program pembangunan yang sudah berjalan," kata Karyono dalam keterangan tertulisnya, Senin 16 Mei 2022.

"Tentunya Pak Jokowi berharap agar tidak terjadi seperti pemerintahan sebelumnya, dimana banyak proyek pembangunan yang mangkrak dan itu tentu akan menjadi pertimbangan pak Jokowi," sambungnya.

Mengenai nama Prabowo Subianto dan Puan Maharani sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden yang dinilai paling rasional dengan keinginan Jokowi, Karyono berpandangan kedua nama tersebut merupakan pilihan paling ideal bagi Presiden ketimbang pasangan lainnya nanti.

"Kalau dari aspek itu, saya optimis figur Prabowo-Puan dapat dipercaya pak Jokowi untuk melanjutkan program pembangunan strategis yang sudah dicanangkan dan dijalankan oleh Presiden Jokowi," papar dia.

Kendati demikian, Karyono Wibowo tidak dapat memastikan apakah pasangan Prabowo-Puan sudah menjadi keputusan politik untuk ikut dalam kontestasi di Pemilu 2024 nantinya.

"Saya sih belum terlalu yakin Paslon Prabowo Puan sudah pasti akan diusung sebagai capres-cawapres. Saya meyakini ada periode atau waktu tertentu untuk melakukan evaluasi sebelum memutuskannya atau kemungkinan masih akan bisa berubah," ucapnya.

Sebelumnya, Pengamat Politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Robi Sugara menilai Presiden Jokowi dan Megawati Soekarnoputri akan berperan penting dalam pertarungan pemilihan presiden 2024 mendatang.

"Keduanya adalah king maker," ungkap Dosen FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ia menilai pilihan rasional secara politik dari dua king maker ini adalah memadukan antara Prabowo Subianto-Puan Maharani dalam pilpres 2014. "Dua pasangan ini sangat berpeluang," ungkap Robi.

Bagi Jokowi, Prabowo dan Puan adalah orang dekat yang pernah menjadi anak buahnya. Sebelum menjabat sebagai Ketua DPR RI, Puan pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan pada kepemimpinan pertama Presiden Jokowi, 2014-2019.

"Boleh dikatakan Presiden Jokowi puas dengan kinerja Puan karena ia terus dipakai sampai akhir masa jabatan periode pertama. Puan tak dipilih lagi sebagai menteri semata karena terpilih sebagai Ketua DPR," kata Robi.

Selain itu, Robi melihat jika sosok Prabowo-Puan nantinya memenangi pemilu, maka tak perlu diragukan program-program Jokowi akan tetap berjalan. Salah satunya adalah megaproyek pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan.

"Presiden Jokowi tak perlu khawatir proyek-proyek yang sudah ia bangun jadi terbengkalai setelah ia turun dari kekuasaan," kata Robi. (*)

Pewarta : Sumitro
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.