https://bontang.times.co.id/
Berita

Ratas Persiapan Haji, Menag RI Gus Yaqut: Pemerintah Sudah Siap Layani JCH Indonesia

Selasa, 17 Mei 2022 - 14:41
Ratas Persiapan Haji, Menag RI Gus Yaqut: Pemerintah Sudah Siap Layani JCH Indonesia Presiden RI Jokowi saat memimpin Ratas Persiapan Haji 1443H/2022M. (FOTO: Instagram Setkab)

TIMES BONTANG, JAKARTAPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) pimpin Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Persiapan Pelaksanaan Ibadah Haji 1443 H/2022M bagi Jemaah Calon Haji atau JCH Indonesia, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/5/2022).

"Baru saja melakukan Ratas bersama Presiden terkait dengan persiapan penyelenggaraan ibadah haji. Intinya bahwa pemerintah sudah siap melayani jemaah haji mulai dari berangkat sampai pulang kembali nanti di tanah air. Kita sudah siapkan skema dari A sampai Z," ucap Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangan pers usai ratas.

Menag-2.jpgMenag didampingi Kepala BPKH memberikan keterangan persnya usai ratas bersama Presiden Jokowi. (FOTO: Instagram Setkab) 

Menag mengatakan, salah satu skema yang disiapkan pemerintah adalah terkait dengan protokol kesehatan penyelenggaraan ibadah haji di masa pandemi COVID-19. Menag menekankan, para calon jemaah haji harus sudah menerima vaksin COVID-19 dosis lengkap.

"Ini harus dipenuhi oleh jemaah haji kalau ingin berangkat ke tanah suci. Ini kita sudah usahakan terus, ikhtiarkan agar seluruh jemaah haji/calon jemaah haji yang berangkat ke Saudi nanti sudah tervaksin sebanyak dua atau vaksin lengkap," kata Menag.

Menag juga menegaskan kebijakan Pemerintah Arab Saudi bahwa para calon jemaah haji tahun ini harus berusia di bawah 65 tahun.

"Pemerintah sudah tegas akan menjalankan ini karena kalau tidak, kalau lebih dari 65 tahun, sistem mereka akan menolak. Jadi pembatasan (usia) 65 tahun ini syarat yang ditentukan oleh Pemerintah Kerajaan Saudi," tandas Menag RI, Yaqut Cholil Qoumas menjelaskan terkait skema Ibadah Haji 1443H/2022M bagi JCH Indonesia. (*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.