Berita

Presiden RI Jokowo akan Berpidato di Sidang Majelis Umum PBB Besok

Rabu, 22 September 2021 - 12:30
Presiden RI Jokowo akan Berpidato di Sidang Majelis Umum PBB Besok Presiden RI Jokowi. (FOTO: Dok. Biro Pers Istana Kepresienan)

TIMES BONTANG, JAKARTAPresiden RI Jokowi (Joko Widodo) bakal menyampaikan pidato di Sidang Majelis Umum (SMU) PBB ke-76. Seperti mayoritas pemimpin negara ASEAN lainnya, hari ini Presiden akan hadir secara virtual.

"Presiden RI akan menyampaikan pidato di SMU PBB ke-76, Rabu, 22 September, sore waktu New York, atau Kamis pagi waktu Jakarta, secara virtual dan saya yang akan menghantarkan pidato Presiden," ucap Menlu Retno LP Marsudi dikutip, Rabu (22/9/2021).

Menurutnya, pemimpin negara-negara di dari ASEAN hampir seluruhnya menyapaikan pidato secara virtual. "Dari ASEAN, hampir semua pemimpin menyampaikan statement secara virtual, kecuali Presiden Vietnam," imbuh dia.

Untuk diketahui, High Level Week SMU PBB ke-76 tahun ini digelar secara hybrid setelah sebelumnya dilakukan virtual penuh karena pandemi Covid-19. Menlu Maladewa, Abdulla Shahid, menjabat sebagai Presiden SMU PBB ke-76.

"Dan tema SMU PBB tahun ini adalah 'Building resilience through hope - to recover from Covid-18, rebuild sustainably, respond to the needs of the planet, respect the rights of the people, and revitalize the United Nations'.

"Tema ini tentunya menggambarkan tantangan yang masih dihadapi dunia saat ini, dari Covid-19 hingga perubahan iklim, dari kemiskinan yang semakin dalam akibat pandemi hingga masih terjadinya konflik di berbagai belahan dunia," ujar Retno.

Retno mengatakan ada 195 negara yang bakal berpartisipasi dalam High Level Week SMU PBB ke-76. Sebanyak 107 di antaranya berpartisipasi pada tingkat kepala negara, baik hadir langsung maupun menyampaikan pernyataan secara virtual.

Selain itu, Retno mengatakan sejauh ini ada sekitar 28 pertemuan yang sudah terjadwal dan akan dijalani. Kendati demikian, masih ada juga permintaan pertemuan yang terus disesuaikan waktunya.

"Karena tidak terlalu mudah untuk mencocokkan waktu yang pas untuk melakukan pertemuan karena masing- masing Menlu sibuk dengan jawal masing-masing," ujar Retno LP Marsudi menyebut, Presiden RI Jokowiakan meyampaikan pidato dalam Sidang Majelis Umum (SMU) PBB ke-76. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bontang just now

Welcome to TIMES Bontang

TIMES Bontang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.